DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 16:18 WIB

Pencarian Korban Gempa Sulteng Dihentikan Besok Sore

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pencarian Korban Gempa Sulteng Dihentikan Besok Sore Evakuasi korban di Hotel Roa Roa, Palu, Sulteng/Foto: ANTARA FOTO/BNPB
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memutuskan proses pencarian korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) akan dihentikan besok, Jumat (12/10).

"Ada permintaan warga, jadi pencarian diperpanjang satu hari. Evakuasi dihentikan secara resmi pada 12 Oktober 2018," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Penutupan pencarian korban secara resmi ditutup besok, Jumat (12/10) sore. Setelah itu, masyarakat dilarang mencari korban yang tertimbun tanah atau reruntuhan.





"Namun jika masih ada warga yang cari korban, kita himbau untuk tidak lakukan. Karena kondisi jenazah sudah rusak, bakal menyebabkan penyakit korela dan sebagainya," ujar Sutopo.

Setelah masa pencarian berakhir, sejumlah petugas Basarnas akan tetap bersiaga di poskonya. Jika ada laporan, petugas akan langsung menindaklanjuti.

"Jika ada laporan korban ditemukan, Basarnas akan lakuakan evakuasi. Tapi evaluasi besar-besaran akan dihentikan besok sore," kata Sutopo.

Semetnara itu, masa tanggap darurat penanganan gempa akan diperpanjang 14 hari. Keputusan berdasarkan rapat koordinasi dengan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.




Jumlah korban meninggal akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah mencapai 2.073 orang. Korban meninggal ini tersebar di sejumlah wilayah.

"Korban jiwa 2.073 orang terdiri dari Kota Palu 1.663 orang, Donggala 171 orang, Sigi 223 orang, Parigi Moutong 15 orang dan Pasangkayu Sulbar 1 orang," ujar Sutopo.

BNPB menyebut korban hilang total 680 orang yang terdiri dari 652 orang di Kota Palu, 12 orang di Sigi, 14 orang di Donggala dan 8 orang dilaporkan hilang di Parigi Moutong.


Saksikan juga video 'Masih Banyak yang Hilang, Warga Ingin Pencarian Diperpanjang':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed