Kunjungi Palu, Fadli Zon: Ini Harusnya Bencana Nasional

Firdaus Anwar - detikNews
Rabu, 03 Okt 2018 17:05 WIB
Suasana di Sulteng pascagempa (Foto: Ulet Ifansasti/Getty Images)
Palu - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendatangi daerah terdampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Fadli datang bersama beberapa pejabat lainnya seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

"Bencana ini memang medannya luar biasa, saya tadi ke Palu Selatan dan Palu barat ada satu desa atau kelurahan yang amblas. Jadi kita melihat memang medannya luar biasa dan banyak yang belum dievakuasi," kata Fadli saat ditemui di area parkir pesawat Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu, Rabu (3/10/2018).



Bantuan uang beserta barang dari DPR sudah diberikan meski Fadli tidak merincikan jumlahnya. Menurut Fadli saat ini makanan, air bersih, dan bahan bakar jadi hal penting yang dibutuhkan untuk menciptakan ketenangan di antara warga Palu.

Agar bantuan yang masuk lebih terkoordinasi, Fadli menyarankan agar pemerintah menetapkan kejadian ini sebagai bencana nasional.

"Menurut saya dengan skala Sulawesi Tengah bisa jadi bencana nasional. Karena ini masih cukup besar jumlah korban yang belum diketahui dan saya kira seharusnya dijadikan satu paket NTB dengan Sulawesi Tengah supaya penanganannya lebih terkoordinir," kata Fadli.



"Status bencana nasional ini cukup penting. Apalagi kita membuka diri, dunia internasional juga memberikan uluran tangan mereka tergerak terpanggil memberikan bantuan baik itu dalam bentuk materi ataupun barang," pungkasnya.

(fds/rvk)