detikNews
Rabu 03 Oktober 2018, 00:18 WIB

Inggris Setujui Bantuan Rp 38 M untuk Bencana Gempa-Tsunami Palu

Rina Atriana - detikNews
Inggris Setujui Bantuan Rp 38 M untuk Bencana Gempa-Tsunami Palu Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Inggris menyetujui bantuan dana untuk bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Bantuan yang disetujui senilai Rp 38 miliar.

"Saya ingin mengucapkan turut berdukacita atas jatuhnya korban-korban di gempa dan tsunami di Palu. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," kata Dubes Inggris di Indonesia Moazzam Malik, Selasa (2/10/2018).


"Pemerintah Inggris, dalam hal ini Menteri Pembangunan Internasional Inggris, telah menyetujui bantuan kemanusiaan senilai Rp 38 miliar," imbuhnya.

Pernyataan Moazzam Malik tersebut berdasarkan rilis yang diterima dari Kepala Media Komunikasi Kedubes Inggris John Nickell.

Moazzam menyatakan saat ini pihak Kementerian Pembangunan Internasional Inggris tengah dalam perjalanan ke Indonesia untuk mengkoordinasikan bantuan tersebut.

"Tim dari kementerian tersebut sedang menuju ke Jakarta untuk mengkoordinasikan bantuan kemanusiaan, khususnya dengan pemerintah Indonesia," tutur Moazzam.


Selain itu, pihak pemerintah Inggris mengupayakan mendistribusikan bantuan selain berupa uang. Bantuan yang dimaksud antara lain tenda, selimut, hingga dapur portabel yang saat ini berada di Dubai.

"Kami juga berhubungan dengan maskapai untuk memindahkan bahan-bahan tersebut ke Palu atau bandara-bandara besar sekitar daerah darurat," tutur Moazzam.



Saksikan juga video 'Presiden Izinkan Bantuan Internasional untuk Gempa Palu-Donggala':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com