BNN: Siswa SMP Sayat Tangan karena Nonton Aksi di YouTube

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 07:40 WIB
Foto: Ari Saputra
Pekanbaru - Sekitar 56 siswa di salah satu SMP di Pekanbaru melakukan aksi tak lazim sayat tangan. Aksi ini bukan karena minuman kemasan melainkan akibat menonton tayangan di YouTube.

"Alasannya, mereka menyayat tangannya sendiri karena nonton di YouTube. Hasil test urine yang kami lakukan tidak terbukti mereka mengkomsumsi zat narkoba," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Pekanbaru, AKBP Sukito, kepada detikcom, Selasa (2/10/2018).


Sukito menjelaskan awalnya pihaknya menerima pengaduan dari pihak sekolah adanya puluhan siswa melakukan aksi tak wajar sayat tangan. Dari laporan tersebut, pihak BNN melakukan tes urine kepada para siswa. Hasilnya tidak ada satupun siswa yang mengkomsumsi narkoba.

"Dalam pemeriksaan di BNN, mereka mengaku melakukan sayat tangan itu karena menonton aksi yang sama di YouTube. Tontonan di YouTube yang melakukan sayat tangan, mereka tiru," kata Sukito.

Para siswa juga mengaku sering mengkomsumsi minuman merek Terpedo. Tetap hasil uji lab, minuman tersebut hasilnya juga tidak mengandung zat yang berbahaya.

"Hasil uji labnya, minuman tersebut juga tidak mengandung zat yang berbahaya. Jadi tidak ada hubungan minuman tersebut dengan perilaku sayat tangan," kata Sikoto.

"Jadi sama sekali tidak ada hubungan minuman kemasan lantas siswa tersebut menyayat tangannya," tegas Sukito.



Saksikan juga video 'BNN Dikejutkan Narkotika Blue Ice Beredar di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(aan/asp)