DetikNews
Senin 01 Oktober 2018, 18:50 WIB

Bantuan LN untuk Korban Gempa Sulteng: Genset hingga Fogging

Nur Azizah Rizki - detikNews
Bantuan LN untuk Korban Gempa Sulteng: Genset hingga Fogging Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Pemerintah akan menerima bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dari luar negeri. Beberapa negara sahabat akan menyalurkan bantuan berupa tenda sampai fogging.

"Tenda butuh banyak. Air bersih sulit didapat, sumber air bersih tidak banyak. Sumur pompa butuh listrik. Listrik dipastikan sangat rendah sekarang. Sehingga akan diminta bantuan genset dari negara donor ini," ucap Menko Polhukam Wiranto kepada wartawan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Selain itu, Indonesia akan menerima bantuan di bidang medis. Tenaga medis dan fogging diperlukan agar tidak terjadi penyebaran penyakit.

"Rumah sakit lapangan, kemudian juga tenaga medis kita akan menerima itu, kemudian juga fogging. Ada satu jenis untuk menetralisir kemungkinan jenazah yang terlambat dikubur yang bisa menimbulkan penyakit," jata Wiranto.

"Jangan sampai kejadian (tsunami) di Aceh itu terulang. Sehingga sebabkan benih penyakit yang bisa menyerang," sambung Wiranto.

Untuk kepastiannya, Kementerian Luar Negeri sedang berkoordinasi dengan negara yang akan memberi bantuan. Pemerintah Indonesia diwakili Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir.

"Rencana koordinasi sedang dibicarakan pukul lima ini. Wakil Menteri Luar Negeri sedang mengumpulkan para duta besar negara donor yang sudah siapkan atau menawarkan membantu. Mereka berkumpul dengan Wakil Menteri Luar Negeri untuk membicarakan itu," kata Wiranto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu untuk bantuan internasional guna mengatasi situasi pasca-bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Alasannya, "Keputusan itu berdasarkan satu pertimbangan kita sudah menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama dengan banyak negara," ujar Wiranto.
(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed