KPU Larang Ada Logo Parpol dan Foto Calon di Bantuan Gempa Palu

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 16:57 WIB
Korban gempa Palu di pengungsian (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Partai politik dan pasangan calon dalam Pemilu 2019 diperbolehkan memberikan bantuan terhadap korban gempa Palu. Namun, tidak boleh terdapat logo dan foto paslon dalam bantuan.

"Dipersilahkan memberikan bantuan kemanusiaan, tetapi tanpa diembel-embeli oleh kepentingan politik tertentu," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).



Wahyu mengatakan kepentingan politik tersebut yaitu, dengan adanya alat peraga kampanye dalam bantuan. Di antaranya berupa bendera atau logo partai, serta foto pasangn calon.

"Seperti alat peraga kampanye, kemudian materi kampanye. Materi itu bisa bendera atau foto," ujar Wahyu.

Dia mengatakan, saat ini peserta pemilu diperbolehkan untuk melakukan kampanye. Namun, peserta pemilu diminta untuk tidak menjadikan bencana sebagai salah satu bahan untuk berpolitik.



"Ini memang sudah tahapan kampanye, dipersilahkan peserta pemilu untuk kampanye. Tetapi terkait dengan bantuan terhadap korban bencana alam, jangan dijadikan komuditas politik," kata Wahyu.

"Sehingga kalau peserta pemilu yang berikan bantuan dimohon untuk yang tidak gunakan atribut, simbol atau hal-hal lain terkait dalam politik pemilu 2019," sambungnya. (dwia/imk)