detikNews
Senin 01 Oktober 2018, 05:56 WIB

Ada Info Gempa 8,1 M dan Tsunami Susulan di Palu, BNPB: Hoax!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Ada Info Gempa 8,1 M dan Tsunami Susulan di Palu, BNPB: Hoax! Foto: Sutopo P Nugroho (Indra-detikcom)
Jakarta - Usai gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Sulawesi Tengah dan mengakibatkan tsunami di Palu, muncul informasi-informasi gempa susulan yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyayangkan penyebaran berita palsu alias hoax tersebut.

Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menampilkan tangkapan layar berisi pesan palsu tersebut di akun Twitter-nya, Senin (1/10/2018). Pesan itu sangat meresahkan.



Saksikan juga video 'Pemerintah Akan Kirimkan Telepon Satelit Tahap Dua ke Palu':

[Gambas:Video 20detik]



Bunyi dari pesan itu adalah Palu akan diguncang gempa yang lebih dahsyat. Tak tanggung-tanggung, si pembuat hoax tersebut mengklaim pernyataannya berdasarkan informasi koleganya di BMKG. Berikut bunyi pesan tersebut:

Tolong hubungi Mama Mea dll yang di Palu. Palu siaga 1. Barusan temanku di BMKG habis periksa alat pendeteksi gempa yang dorang tarok di laut, kalau gempa susulan akan ada lebih besar dari kemarin, berkekuatan 8,1 ke atas dan berpotensi tsunami yang lebih besar dari kemarin.


Sutopo menegaskan informasi itu hoax. Sutopo meminta masyarakat mengabaikan saja pesan berantai yang tak jelas itu.

"Hoax ancaman gempa dan tsunami mulai menyebar di Kota Palu dan daerah lain. Masyarakat resah. Mohon jika menerima informasi seperti ini ABAIKAN.IniHOAX. Tidak ada satu pun negara di dunia dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti,"tegasSutopo.
(gbr/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com