DetikNews
Kamis 27 September 2018, 16:04 WIB

Takut Ditagih Debt Collector, Mobil Dikubur Pemiliknya

Jaka Kampai - detikNews
Takut Ditagih Debt Collector, Mobil Dikubur Pemiliknya Mobil dikubur (ist.)
Padang - Gara-gara mobilnya takut disita karena gagal bayar, seorang warga di Agam, Sumatera Barat, nekat mengubur kendaraannya. Mobil kredit itu dikubur di ladang sawit untuk menyembunyikannya dari pelacakan pihak leasing.

"Tersangka beralasan tidak sanggup bayar cicilan," kata Kapolres Agam AKBP Ferry Suwardi kepada detikcom, Kamis (27/9/2018) siang.

Mobil dalam kondisi terkubur itu ditemukan di perkebunan sawit di kawasan Labuhan, Nagari Tiku Limo Jorong, dua hari lalu.

Peristiwa itu terbongkar berkat laporan salah seorang warga yang sedang mencari kayu bakar di ladang sawit tersebut. Ia curiga karena melihat benda mirip bagian belakang mobil.

Setelah memastikan temuan itu benar-benar mobil, ia kemudian melapor kepada polisi. Polisi yang datang ke lokasi mengeluarkan kendaraan tersebut dari dalam lubang.

"Kita kemudian mencocokkan penemuan ini dengan sebuah laporan polisi tentang kehilangan kendaraan pada 2017 silam," jelas Kapolres Ferry.


Ternyata, mobil jenis Xenia itu dilaporkan hilang oleh seseorang bernama AG lebih dari setahun yang lalu.

AG, yang dipanggil dan diperiksa polisi, akhirnya mengakui dia sendiri yang mengubur mobil tersebut. Ia mengaku tak sanggup membayar cicilan dan dikejar-kejar debt collector.

Mobil diamankan di Mapolsek Tanjung Mutiara, sedangkan AG kini berstatus tersangka tapi belum ditahan. Ia dikenai wajib lapor dan terancam pidana dugaan membuat laporan palsu.

"Barang bukti sudah kita amankan. Kasusnya masih dalam pemeriksaan intensif," tambah Kapolres.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed