DetikNews
Rabu 26 September 2018, 13:38 WIB

Hakim ke Eks Kabakamla: Anda Lalai Angkat Ali Fahmi Jadi Stafsus

Zunita Putri - detikNews
Hakim ke Eks Kabakamla: Anda Lalai Angkat Ali Fahmi Jadi Stafsus Eks Kabakamla Arie Soedewo (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ada satu nama dalam pusaran kasus suap terkait proyek di Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang masih menjadi misteri. Adalah Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi yang disebut berperan penting dalam perkara itu.

Dalam surat dakwaan KPK, Ali Fahmi disebut sebagai staf khusus (stafsus) atau narasumber Kepala Bakamla bidang perencanaan serta pengadaan barang dan jasa. Namun sejak penyidikan awal hingga proses sidang saat ini, sosok Ali Fahmi tidak pernah muncul.




Sampai-sampai majelis hakim yang mengadili perkara ini heran. Siapa sebenarnya Ali Fahmi?

"Orang tersebut menjadi misteri hari ini, Saudara tahu? Tahu orangnya di mana?" tanya hakim pada mantan Kabakamla Arie Soedewo yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan terdakwa Fayakhun Andriadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

"Saya nggak tahu," jawab Arie.

Hakim kemudian menanyakan tentang latar belakang Ali Fahmi hingga akhirnya diangkat Arie sebagai stafsus. Namun, Arie mengaku bahkan tidak terlalu tahu siapa sebenarnya Ali Fahmi.

"Saksi sebelum mengangkat Fahmi Habsyi ini sebagai narasumber saksi di bidang perencanaan pengadaan barang dan jasa memangnya tidak melihat profil dia ini?" tanya hakim.




"Ada satu bulan saya mencari tahu, yang bersangkutan pernah di Kemenhan, Bappenas, makanya saya angkat," jawab Arie.

Namun hakim menilai Arie tetap saja lalai lantaran saat ini bahkan keberadaan Ali Fahmi tidak diketahuinya. "Nah, berarti Saudara saya anggap lalai. Saudara mengangkat Ali Fahmi, alamatnya saja tidak tahu," ucap hakim.

Saat penyidikan, Ali Fahmi beberapa kali dipanggil tetapi tidak pernah hadir. KPK pun dalam upaya mencari keberadaan Ali Fahmi, namun tetap saja berujung nihil.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed