DetikNews
Rabu 26 September 2018, 10:59 WIB

Kata Zulkifli soal Disoraki Mahasiswa karena Promo Prabowo-Sandi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kata Zulkifli soal Disoraki Mahasiswa karena Promo Prabowo-Sandi Zulkifli Hasan. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan sempat disoraki dalam acara seminar kebangsaan di hotel yang dihadiri mahasiswa lantaran mempromosikan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Apa kata Zulkifli?

"Nah, Purwokerto, kami... saya sebetulnya konsolidasi internal partai ya, kader partai, kampanye, kita konsolidasi untuk pemenangan pileg pilpres," ujar Zulkifli menjelaskan soal kunjungannya di Jawa Tengah, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

"Berapa titik di Jawa Tengah memang ada acara bicara mengenai kebangsaan, di hotel tempatnya. Memang banyak yang datang itu mahasiswa. Mahasiswa itu memang begitu sikapnya, ada yang kritis, ada yang keras, memang masanya, memang zaman mereka," imbuh Zul.


Menurut Zul, sikap mahasiswa memang beragam. Jika ada yang protes, Zul meminta protes itu dihormati.

"Kita ini utang budi sama mahasiswa, tidak ada sejarah republik tanpa peran mereka. Mulai 05, 08, 28, 45, 65, 98. Oleh karena itu mahasiswa mesti disayangi, gitu," sebut Zul.

Acara seminar kebangsaan yang diisi Zulkifli Hasan dan Sandiaga Uno di Purwokerto.Acara seminar kebangsaan yang diisi Zulkifli Hasan dan Sandiaga Uno di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah

Zul lalu ditanyai soal sorakan 'huuu' dalam acara itu. Apa kata Zul?

"Ya mahasiswa begitu. Ada yang bagus, ada yang keras, ada yang kritis. Biasa. Mahasiswa emang begitu. Kalau cuma semua ketawa, senyum, dukung, kan nggak mahasiswa namanya," ucap Ketum PAN itu.

"Mahasiswa harus diberikan kesempatan untuk menyampaikan ekspresinya, jangan dibungkam, jangan diseret-seret, jangan dikerasi," tegas Zul.


Zul tak mempermasalahkan soal sorakan itu, termasuk jika benar sorakan itu terlontar lantaran mahasiswa memprotes promo Prabowo-Sandi.

"Oh ndak, keras sekali pun memang mahasiswa begitu. Dulu kan sampai naik-naik gedung itu (sambil menunjuk gedung kura-kura DPR). Akhirnya lahir reformasi," ucap Zul.

Zulkifli disoraki saat mengisi seminar kebangsaan di Hotel Karlita, Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (25/9). Dalam seminar itu, hadir ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Setidaknya ada tiga kali sorakan dari mahasiswa kepada Zulkifli. Pada kesempatan itu, turut hadir Sandiaga, yang merupakan cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. PAN membela Zulkifli.



Tonton juga 'Kata Zulkifli Hasan, Pilpres Bukan Ajang Umbar Kebencian':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed