DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 15:17 WIB

Jokowi soal Utang Anak Kuliah: Tak Mengejutkan, yang Penting Bayar

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi soal Utang Anak Kuliah: Tak Mengejutkan, yang Penting Bayar Presiden Jokowi saat menghadiri reuni KAGAMA. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan soal fenomena anak kuliahan yang ngutang di warung, khususnya alumni UGM zaman dulu. Sebab menurutnya, anak UGM saat itu mayoritas dari kelas menengah.

"Kalau dulu saya kira hampir semua yang kuliah di UGM dari kelas rakyat. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote ada semuanya. Dulu memang yang banyak jalan kaki sama naik sepeda, 95 persen naik sepeda dan jalan kaki. Itu dulu," ujar Jokowi seusai menghadiri reuni Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (22/9/2018).


Jokowi berpendapat utang di kalangan mahasiswa bukanlah hal yang mengagetkan. Asalkan utang tersebut harus dilunasi.

"Jadi untuk urusan utang bukan sesuatu yang mengagetkan. Sesuatu yang biasa, yang penting kan bayar," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi sempat bergurau dengan alumnus UGM yang suka utang di warung makan. Diakuinya, lulusan Fakultas Kehutanan UGM ini pernah mengalami hal serupa.



"Katanya banyak yang ngutang di SGPC (sego pecel). Coba yang pernah ngutang di SGPC maju. Saya mau lihat mana yang sering ngutang karena saya terus terang nggak pernah makan di SGPC karena mahal buat saya. Ada yang lebih murah, yang separuh dari SGPC. Coba yang sering ngutang maju," ujar Jokowi.

"Memang Gadjah Mada masa muda seperti ini ngutang di warung, saya juga pernah mengalami," sambungnya diikuti tawa peserta.



Saksikan juga video 'Jokowi Beri Tips Rahasia Pemenangan ke Caleg Perindo':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed