DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 14:35 WIB

Saat Jokowi Ngobrol Bareng Alumnus UGM yang Ngutang di Warung

Andhika Prasetia - detikNews
Saat Jokowi Ngobrol Bareng Alumnus UGM yang Ngutang di Warung Presiden Joko Widodo saat menghadiri reuni KAGAMA. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Menjadi mahasiswa, apalagi anak kos di akhir bulan kadang terpaksa utang untuk membeli makanan karena kiriman belum datang dari orang tua. Tidak terkecuali bagi mahasiswa UGM yang kini sudah lulus.

Presiden Joko Widodo yang juga lulusan UGM menantang maju bagi alumnus yang pernah utang sewaktu jadi mahasiswa. Jokowi pun mengakui pernah utang saat jadi mahasiswa.

"Katanya banyak yang ngutang di SGPC (sego pecel). Coba yang pernah ngutang di SGPC maju. Saya mau lihat mana yang sering ngutang karena saya terus terang nggak pernah makan di SGPC karena mahal buat saya. Ada yang lebih murah, yang separuh dari SGPC. Coba yang sering ngutang maju," ujar Jokowi saat reuni bareng Keluarga Alumni Universitas Gadjah di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).


"Memang Gadjah Mada masa muda seperti ini ngutang di warung, saya juga pernah mengalami," sambungnya diikuti tawa peserta.

Tiga alumnus UGM dipersilakan maju. Yang pertama adalah lulusan FIB UGM angkatan 1988 Fajar Nugroho yang pernah nunggak gara-gara beli nasi dengan telur.

"Dulu pas-pasan uangnya. Pakai telur duitnya kurang. Dulu nilai saya jelek, mau ujian nilainya nambah pakai telur," celetuk Fajar.


Berikutnya, Widodo yang pernah dicatat daftar utangnya di buku pemilik warung. Selepas lulus, ia melunasi utangnya.

Yang terakhir adalah Faisal yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran UGM. Jokowi sempat heran karena anak kedokteran juga pernah utang beli makanan.

"Kiriman kadang nggak tepat waktu. Kalau ada uang bayar, tapi kadang pernah di SGPC ambil 5 bayar 2," ujar Faisal menjawab Jokowi.

"Saya perlu ingatkan, yang ambil 5 tapi bayar 2, tolong dibayarlah sekarang. Di akhiratnya hati-hati," tanggap Jokowi.

Di akhir sesi, Jokowi meladeni permintaan foto. Mensesneg Pratikno juga mendadak jadi juru foto karena kamera ponsel milik Faisal tak kunjung nyala.
(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed