DetikNews
Senin 17 September 2018, 15:04 WIB

Fahri Hamzah: Indonesia & Ceko Sama dalam Membangun Demokrasi

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Fahri Hamzah: Indonesia & Ceko Sama dalam Membangun Demokrasi Foto: Dok DPR
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menerima kunjungan kehormatan Ketua Senat Republik Ceko HE Mr. Milan Stech. Fahri menilai Indonesia dan Ceko memiliki kesamaan tentang peta jalan ke depan dalam membangun demokrasi.

"Jadi selamat datang ke Indonesia. Negara yang cukup kompleks dengan 17 ribu pulaunya, ribuan bahasa dan suku bangsa di dalamnya. Tetapi kami punya falsafat yang dapat dianut secara bersama-sama oleh beragam suku, bahasa dan agama," papar politisi dari PKS ini.


Pertemuan digelar di Ruang Tamu Ketua DPR RI lt. 3 Gedung Nusantara III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (17/9/2018). Sebelum memulai pembicaraan, Fahri Hamzah memperkenalkan satu persatu, mulai dari Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam), Fadli Zon, Setya W Yudha, Dave Laksono, dan Pujiwati (F-PG) serta sejumlah staf khusus yang mendampinginya dalam pertemuan tersebut.

Sementara Milan Stech menyampaikan maksud dari kunjungannya ke Indonesia, khususnya ke Gedung DPR RI tersebut, yang merupakan mitra dari Ceko. Apalagi antara Ceko dengan Indonesia, mempunyai hubungan bilateral yang sangat erat sekali, baik secara jangka panjang.

"Oleh karena itu, pengalaman persahabatan ini adalah landasan baik agar bisa dikembangkan lagi untuk masa depan," ucapnya seraya menjelaskan tugas dan fungsi dari Senat atau Senator yang ada di Ceko.


Lanjut Milan Stech, jika berbicara sejarah, Ceko mempunyai akar yang sangat dalam. Dan yang menariknya, tahun ini Ceko memperingati 100 tahun-an kemerdekaan, sesudah Perang Dunia I yang ditandai runtuhnya Monarki Austria.

"Pada dua tahun yang lalu, kami juga memperingati tujuh ratus tahun kelahiran Raja," terangnya.
(ega/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed