DetikNews
Senin 17 September 2018, 08:59 WIB

Tak Lagi Tertutup Asap Kebakaran Hutan, Palembang Pagi Ini Cerah

Raja Adil Siregar - detikNews
Tak Lagi Tertutup Asap Kebakaran Hutan, Palembang Pagi Ini Cerah Foto: Jembatan Ampera cerah pagi ini (raja/detikcom)
Palembang - Warga Palembang akhirnya bisa menikmati langit yang cerah setelah sempat diselimuti kabut asap beberapa hari terakhir. Kini asap akibat kebakaran hutan dan lahan sudah mulai menghilang dari langit Palembang.

"Hari ini Palembang sudah lebih cerah, Ampera pun sudah terlihat jelas. Beda dengan kemarin yang sempat tertutup kabut asap," kata salah seorang warga, Syahrul saat ditemui di pelataran BKB Palembang, Senin (17/09/2018).

Langit di Palembang terlihat lebih cerah dari hari kemarin. Di mana dua icon Kota Pempek, yakni Jembatan Ampera dan Sungai Musi nyaris tak terlihat dari jarak 3 Km.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir disinyalir jadi penyebab kabut asap. Bahkan saat malam hari kabut asap sangat tercium dan menyengat baunya di hidung.

Selain kabut, Syarul menyebut bau asap bekas bakaran pun sudah tidak tercium. Udara hari ini tak berbeda jauh dari hari-hari sebelumnya. Meskipun masih ada kabut asap tipis meyelimuti Palembang.

"Kabut asap tipis begini memang selalu ada, tapi ini sudah nggak bau lagi. Asap ini mungkin ya karena ada kebakaran di daerah," katanya.

Kepala Posko Karhutla Sumatera Selatan Ansori mengatakan, berkurangnya kabut asap hari ini karena arah mata angit dari lokasi kebakaran tidak menuju ke pusat Kota Palembang.

"Hari ini arah angin tidak ke Palembang, tapi bukan berarti tak ada kebakaran ya. Kebakaran tetap masih ada, hanya saja kemarin berhasil ditanggulangi oleh tim Satgas Karhutla darat dan udara," kata Ansori.

Untuk kabut asap tipis, Ansori menyebut hal ini terjadi akibat kelembaban. Namun tidak mempengaruhi aktivitas warga di Palembang dan sekitarnya.

Kebakaran terjadi di Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin dan Musi Banyuasin. Lahan terbakar tercatat sudah lebih dari 750 hektare di Sumatera Selatan.

"Pagi sama sore pasti ada kabut asap, ini karena faktor kelembaban udara. Jadi ya kabut asap pasti turun, tapi nggak lama," kata Ansori.



Saksikan juga video 'Gambar Kebakaran Hutan Mencekam Menutup Senja':

[Gambas:Video 20detik]


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed