Polri Siapkan 272.880 Personel untuk Amankan Pemilu 2019

ADVERTISEMENT

Polri Siapkan 272.880 Personel untuk Amankan Pemilu 2019

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 13 Sep 2018 16:03 WIB
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Mabes Polri menyiapkan 272.880 personel untuk mengamankan Pemilu 2019. Saat pengamanan, personel Polri juga akan dibantu tambahan pasukan dari TNI dan lembaga lainnya.

"Jumlah anggota Polri yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan pemilu mulai tahap kampanye sampai tahap pelantikan ada 272.880 personel," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Hotel Amarossa Cosmo, Jalan Antasari, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Dedi belum mengetahui jumlah pasti personel TNI yang diperbantukan. Namun TNI akan mengirimkan dua pertiga dari jumlah personel Polri.

"Sedangkan untuk pelibatan TNI, sudah ada kesepakatan dengan pihak TNI, akan membantu proses pelaksanaan pemilu. Jumlah personelnya dua pertiga kekuatan yang digelar oleh Polri," kata Dedi.




TNI bukan hanya membantu personel pengamanan, tetapi juga logistik lainnya. Hal tersebut sangat mempermudah Operasi Mantap Brata yang akan dilakukan.

"Jadi, pada perinsipnya, TNI juga akan mem-back up baik dari personel, sarana-prasarana, juga akan di-back up seluruh kegiatan pengamanan ini," ucap Dedi.




Menjelang masa kampanye, Dedi menilai polisi sudah siap menjaga keamanan. Pengamanan akan dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga tingkat polres.

"Di kampanye itu juga akan ada potensi kerawanan. Di situ kepolisian juga mengantisipasi dengan baik. Dari tingkat Mabes sampai tingkat polres seluruh anggota sudah siap untuk melaksanakan pengamanan pemilu," kata Dedi. (aik/nvl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT