Dolar Tembus Rp 14.897, PDIP: Jokowi Cepat Konsolidasi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 04 Sep 2018 15:00 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan hingga mendekati Rp 15 ribu per hari ini. PDIP yakin pemerintahan Presiden Joko Widodo mampu mengatasinya.

"Kami terus lakukan dialog. Hal tersebut terus kita lakukan pencermatan, lakukan langkah-langkah," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/9/2018).

Ia pun memerinci sejumlah cara yang tengah dilakukan Jokowi dan jajarannya dalam mengatasi tekanan dolar AS terhadap rupiah ini. Hasto meyakini langkah-langkah yang diambil Jokowi akan berhasil.


"Sebagai kepala negara melakukan langkah-langkah konsolidasi secara cepat dan kebijakannya, mengurangi kebijakan impor, tetapi juga bilateral kerja sama dengan negara sahabat akan dilakukan," sebutnya.

"Pak Jokowi akan merespons dengan cepat. Kami punya pengalaman panjang dalam mengatasi krisis dan kami bertahan dan survive kita jauh di atas dunia sehingga ini mendorong optimisme kita bisa atasi masalah itu," sambung Hasto.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan. Ini terjadi karena tingginya permintaan dolar AS untuk kebutuhan impor, dan yang paling tinggi dan menyebabkan defisit adalah impor migas.

Pada perdagangan Reuters hari ini, nilai dolar AS sudah menyentuh Rp 14.897. Presiden Jokowi hari ini mengumpulkan beberapa pejabat negara yang berhubungan langsung dengan sektor ekonomi untuk membahas permasalahan itu.


Menurut Menkeu Sri Mulyani, ada beberapa langkah yang disiapkan pemerintah untuk mengatasi sentimen yang mengganggu nilai tukar dan kondisi perekonomian nasional.

Dari dalam negeri, lanjut Sri Mulyani, langkah-langkah dilakukan pemerintah bersama Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Akan semakin disinergikan, koordinasi dari sisi komunikasi, langkah yang akan dilakukan untuk menjaga stabilitas akan terus di-share di antara otoritas ini, sehingga kita bisa terus langsung melakukan penyesuaian kalau memang ingin dilakukan," ungkap Sri Mulyani.


Simak Juga 'Dolar Tembus Rp 14.900, Ini Permintaan DPR ke Pemerintah':

[Gambas:Video 20detik]


Dolar Tembus Rp 14.897, PDIP: Jokowi Cepat Konsolidasi
(elz/van)