KCI Tegur Orang Tua yang Anaknya Main dan Panjat Jendela KRL

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 30 Agu 2018 09:08 WIB
Foto: dok. istimewa
Jakarta - Foto anak kecil yang bermain duduk di lantai hingga memanjat jendela KRL menjadi viral dan diperbincangkan. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan telah menegur orang tua anak tersebut.

"Terkait kasus di foto itu, laporan di management petugas selanjutnya pun melakukan peneguran," ujar VP Komunikasi Perusahaan PT KCI, Eva Chairunisa, saat dihubungi detikcom, Rabu (29/08/2018).

Menurut Eva, petugas telah menegur orang tua yang bersangkutan secara langsung saat melihat kejadian tersebut. Dia mengatakan setelah dilakukan peneguran, anak tersebut kembali duduk sesuai dengan tempatnya.


"Ketika melihat itu kemudian ditegur dan anaknya diangkat lagi, artinya duduk dengan normal di kursi. Mungkin foto itu diambilnya sebelum dilakukan peneguran oleh petugas," kata Eva.

Eva mengimbau orang tua harus menyadari bahwa hal tersebut dapat membahayakan anak. Hal ini dikarenakan anak dapat terjatuh saat KRL berjalan.

"Selain itu harus disadari hal-hal yang dilakukan itukan juga berbahaya untuk anak, karena bisa saja dengan kondisi itu, anaknya terjatuh pada saat posisi KRL berjalan," tuturnya.


Dalam foto yang beredar, ada dua anak perempuan yang duduk di lantai KRL. Keduanya tampak asyik bermain dan ngobrol. Sementara satu anak laki-laki naik ke kursi penumpang tanpa menggunakan alas kaki.

Foto tersebut salah satunya diunggah di Instagram Story @hayhayhaya. Dia memprotes dan mengeluhkan soal penggunaan fasilitas umum yang tidak sesuai dengan aturan.

"Yang kayak gini-gini yang bikin gw selalu bilang 'gapapa dibilang ibu galak, daripasa anak-anak gw ga punya tata krama. Ini fasilitas umum ada peraturan jelas dilarang duduk di lantai, apalagi yang manjat-manjat itu," tulisnya.


Simak Juga 'Emak-emak Saling Jambak di KRL Jakarta-Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/aan)