detikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 14:15 WIB

Korea Bersatu Sabet Emas, Jokowi: Mereka Lupakan Perbedaan

Andhika Prasetia - detikNews
Korea Bersatu Sabet Emas, Jokowi: Mereka Lupakan Perbedaan Korea Bersatu Raih Emas di Cabang Perahu Naga (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Keberhasilan tim Korea Utara-Korea Selatan menyabet medali emas Asian Games 2018 di cabang olahraga perahu naga mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi senang karena Korut-Korsel menunjukkan persatuan.

Dalam foto yang di-posting Jokowi di akun Twitter-nya, tim tidak ada embel-embel negara Korut atau Korsel dalam tim tersebut. Bendera yang mereka kibarkan bergambar siluet semenanjung Korea dengan latar belakang putih.


"Medali emas perahu naga putri 500m Asian Games 2018 direbut Korea Bersatu, gabungan atlet dua negara Korea yang lama terpecah oleh perang. Benderanya putih bergambar peta Semenanjung Korea, lagunya Arirang. Dalam olahraga mereka melupakan perbedaan. Selamat!" cuit Jokowi, Rabu (29/8/2018).

Dalam pertandingan perahu naga nomor 500 meter, tim Korea Bersatu, yang terdiri dari 16 atlet, meraih emas dengan waktu 2,24788 detik mengalahkan Cina.


Ini adalah emas pertama Korea Bersatu di Asian Games 2018. Selain perahu naga, Korea Bersatu tampil di cabang olahraga dayung dan basket.

Pemerintahan Jokowi sebelumnya menyebut Asian Games bisa dijadikan ajang mempersatukan negara, termasuk Korut dan Korsel. Dalam pembukaan Asian Games, dua perwakilan pimpinan Korut dan Korsel bertemu serta berjabat tangan di depan Jokowi.


PM Korsel Lee Nak-Yon dan Wakil PM Korut Ri Ryong Nam bertemu sebelum pembukaan Asian Games. Mereka kemudian duduk berdampingan saat menyaksikan seremoni pembukaan Asian Games.

"AsianGames merupakan satu momen penting yang dapat terus memperkokoh perdamaian dan persahabatan antara Korea Selatan dan Korea Utara," kataJokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (19/8).
(dkp/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com