DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 17:06 WIB

Bendera China Jatuh di Penyerahan Medali Asian Games, Ini Penyebabnya

Andhika Prasetia - detikNews
Bendera China Jatuh di Penyerahan Medali Asian Games, Ini Penyebabnya Petugas mengangkat bendera setelah pengait bendera putus dalam penyerahan medali cabor renang gaya bebas 200 meter putra Asian Games 2018. (Foto: Antara Foto/Inasgoc/Rosa Panggabean)
Jakarta - Ada insiden bendera jatuh saat penyerahan medali untuk cabang olahraga renang gaya bebas 200 meter di Asian Games 2018. Penyebabnya, pengait bendera putus.

"Kami sudah analisa penyebabnya itu kan nariknya pakai mekanik buat nimba. Mekanik diputar, ternyata ketika mentok masih dipaksa. Rupanya terlalu kuat dan itunya putus yang mengikat di tiang panjangnya," ujar Direktur Media dan Public Relations (PR) Inasgoc Danny Buldansyah saat dimintai konfirmasi, Senin (20/8/2018).


Insiden tersebut terjadi pada Minggu (19/8) di Stadion Akuatik GBK Jakarta. Kala itu lomba dimenangi atlet asal China, Sun Yang, disusul Katsuhiro Matsumoto (Jepang) dan Ji Xinjie (China).

Saat prosesi menyanyikan lagu kebangsaan China berlangsung, tiba-tiba bendera para peraih medali jatuh. Akhirnya panitia memegang bendera yang jatuh dan lagu kebangsaan dinyanyikan ulang.

"Sudah pas selesai. Sudah sampai atas, nyanyinya masih jalan, bendera di atas kemudian jatuh. Akhirnya bendera dipegang dan dinyanyikan ulang lagu nasionalnya," jelas Danny.


Penyelenggara Asian Games malam itu juga langsung mengecek kondisi tiang bendera ke seluruh venue. Penyelenggara memastikan insiden bendera jatuh tidak terulang.

"Kemudian malam itu juga kami tes semuanya dan yang kurang kuat kami perkuat. Mudah-mudahan nggak ada insiden lagi. Tadi pagi semua sudah dicoba," ujar Danny.
(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed