DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 00:58 WIB

BNPB: Getaran Gempa 7,0 SR Lombok Terasa Sampai Jawa Timur

Audrey Santoso - detikNews
BNPB: Getaran Gempa 7,0 SR Lombok Terasa Sampai Jawa Timur Foto: Warga di Sembalun, Lombok Timur berhamburan ke pinggir jalan. (dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis getaran gempa 7.0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) malam ini, terasa hingga ke Jawa Timur. Namun guncangan gempa di Jawa Timur masuk kategori gempa ringan.

"Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilisnya, Minggu (19/8/2019).


Diketahui pusat gempa berada di wilayah Lombok Timur, namun kabupaten dan kota di sekitarnya turut merasakan guncangan keras.

"Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5-10 detik," jelas Sutopo.


Kemudian, gempa juga dirasakan di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik.

"Gempa (berkekuatan) sedang," ujar Sutopo.



Tonton juga video: 'Kepanikan Akibat Gempa 6,5 SR di Lombok'

[Gambas:Video 20detik]


(aud/nvl)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed