DetikNews
Minggu 19 Agustus 2018, 23:20 WIB

Suara Bangunan Runtuh Terdengar Saat Gempa 7.0 SR di Lombok

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Suara Bangunan Runtuh Terdengar Saat Gempa 7.0 SR di Lombok Foto: Warga di Sembalun, Lombok Timur berhamburan ke pinggir jalan. (dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Suara gemuruh dan bangunan runtuh terdengar saat gempa berkekuatan 7.0 scala richter (SR) mengguncang Lombok, NTB. Warga di Dusun Karya, Desa Bawaknao, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur pun langsung berhamburan keluar rumah.

"Ada terjadi beberapa gempa malam ini, terasa mulai dari kecil hingga besar. Gempa pertama masih 1 hingga 2 warga yang ke pinggir jalan, gempa kedua juga, pas gempa ketiga agak besar warga langsung keluar tenda pengungsi dan ke pinggir jalan," ujar Relawan MDMC Hendra yang berada di lokasi, kepada detikcom, Minggu (19/8/2018).

Menurut Hendra, saat gempa terjadi terdengar suara gemuruh dan bangunan runtuh. Hingga pukul 23.10 WIB, gempa susulan masih terasa meskipun relatif berkekuatan kecil.

"Gempa ketiga itu terasa keras bangat, ada suara gemuruh dan bangunan runtuh, kemungkinan beberapa bangunan di sini runtuh," katanya.


Sementara itu Hendra tidak dapat memastikan berapa bangunan runtuh di wilayah tersebut. Saat gempa terjadi listrik langsung padam dan suasana menjadi gelap gulita.

"Di sini langsung berdebu, warga memakai masker, kemungkinan debu dari longsoran tanah. Suasanan sangat gelap, warga masih berkumpul di pinggiran jalan," tuturnya.

Sementara itu, hingga saat ini sekitar pukul 23.13 Wita, suara bangunan runtuh terus terdengar di lokasi kejadian.


Tonton juga video: 'Kepanikan Akibat Gempa 6,5 SR di Lombok'

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/aud)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed