DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 23:47 WIB

Gempa 6,7 SR di NTT, Sebagian Masyarakat Keluar Rumah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Gempa 6,7 SR di NTT, Sebagian Masyarakat Keluar Rumah Foto: Zainal Abidin
Jakarta - Masyarakat langsung berlari keluar rumah saat terjadi gempa bumi 6,7 Skala Richter (SR) mengguncang Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, BNPB belum menerima data soal korban kejadian tersebut.

"Gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik. Tidak ada kepanikan. Sebagian masyarakat keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangnnya, Jumat (17/8/2017).

Pusat gempa berada di 125 km Barat Laut Manggarai Barat-NTT. Tetapi, gempa pun dirasakan oleh beberapa daerah seperti Mataram dengan kekuatan ringan selama 3 detik. Lombok Tengah dengan kekuatan ringan selama 3-4 menit. Sementara itu, Kota Ende dengan kekuatan sedang selama 3 detik.

"Kekuatan gempanya cukup besar yaitu 6,7 SR tetapi berada pada kedalaman dasar laut yang dalam (559 km) sehingga dampak guncangan yang dirasakan tidak keras," kata Sutopo.

Sutopo memprediksi gempa tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan. Hal tersebut melihat intensitas gempa yang dirasakan maksimal adalah sedang.

"Dari intensitas gempa dirasakan tersebut maksimal adalah sedang. Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras) seperti di Lombok tempo hari," kata Sutopo.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed