NasDem: Pidato Ketua MPR Terlalu Genit!

Tsarina Maharani - detikNews
Kamis, 16 Agu 2018 14:03 WIB
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kritik Ketua MPR Zulkifli Hasan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR menuai cibiran. Zulkifli diminta berperan sebagai Ketua MPR saja, jangan melebar ke mana-mana.

"Kita lihat itu pidato Pak Ketua MPR terlalu genit. Karena pidato itu melebihi tugas MPR. Itu tugas DPR pengawasan, bukan tugas MPR. Jadi itu genit. Apalagi kalau mau menilai kinerja kabinet, lebih genit lagi, tidak layak. Harusnya pidato ketua MPR sesuai fungsi dan tugas MPR. Itu seharusnya," kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Johnny gantian menilai kritik yang dilempar Zulkifli yang menyebut penurunan gini ratio karena pendapatan masyarakat kelas atas turun ketimbang naiknya pendapatan masyarakat kelas bawah. Menurut Johnny, yang terjadi adalah sebaliknya.


"Tidak betul itu. (Masyarakat) Menengah atas tetap, bawah yang naik, sehingga kesenjangan membaik. Itu dilakukan lewat program kerakyatan. Tak seperti yang ketua MPR sampaikan. Ketua MPR menafsirkan dari satu sisi dan itu bagian dari ilusi politik," ucap Johnny.

Sebelumnya dari mimbar Sidang Tahunan MPR, Zulkifli mengkritik pemerintahan Jokowi-JK. Dia mengaku mendapat pesan dari kelompok emak-emak.

"Yang sangat perlu diperhatikan adalah golongan miskin dan hampir miskin masih sangat besar jumlahnya. Golongan ini sangat rentan terhadap perubahan harga. Oleh karenanya, pemerintah perlu menjaga harga-harga barang kebutuhan rumah tangga agar daya beli mereka tidak tergerus," kata Zulkifli.



Tonton juga video: 'Ketua MPR akan Bawa Pembahasan GBHN ke Rapat Paripurna'

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/fdn)