DetikNews
Senin 13 Agustus 2018, 17:02 WIB

Buaya 1,5 Meter Ditangkap Warga di Aliran Sungai Kecil di Jambi

Ferdi - detikNews
Buaya 1,5 Meter Ditangkap Warga di Aliran Sungai Kecil di Jambi Ilustrasi (dok.detikcom)
Jambi - Seekor anakan buaya muara ditangkap oleh warga RT 02 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Buaya sepanjang 1,5 meter itu ditangkap oleh warga lantaran acap kali menampakan diri di aliran Sungai Asam.

"Buaya ini tidak tau dari mana asalnya, hanya saja sudah beberapa hari ini buaya itu sudah membuat warga di sini resah karena kemunculannya dialiran sungai. Jadi kami tangkap saja buaya itu dari pada nanti ada kenapa-kenapa," ujar Mahakam Mariago warga sekitar kepada wartawan, Senin (13/8/2018)

Menurutnya, buaya tersebut diduga ada berjumlah tiga ekor dialiran Sungai Asam tersebut. Namun warga hanya berhasil menangkap 1 ekor buaya saja dengan peralatan seadanya. Kuat dugaan buaya muara tersebut sengaja dilepas oleh orang ke dalam sungai kecil itu.

"Penemuan buaya ini adalah yang pertama kalinya. Kita kurang tahu buaya ini dari mana, mungkin buaya ini sengaja dilepas oleh orang ke dalam sungai kecil ini. Karena ini yang pertama kalinya buaya itu kita temukan di sungai," katanya.

Saat ini buaya muara hasil tangkapan warga itu sengaja diletakan di dalam kolam kecil milik warga sekitar. Warga juga telah melakukan jeratan di dalam sungai untuk menangkap dua ekor buaya lainnya yang diduga masih berada dialiran sungai asam tersebut.

"Buaya ini kita kurang tahu jenis kelaminnya apa, yang jelas buaya ini sementara diletakan di dalam kolam agar aman, kemudian untuk nangkap buaya lain kita akan coba gunakan perlengkapan seadanya," terangnya.

Sementara dengan penemuan buaya muara tersebut, tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengaku baru saja mengetahui hal itu, rencananya dengan informasi tersebut, tim BKSDA Jambi akan melakukan pengecekan kelokasi untuk mengetahui pasti dengan keberadaan buaya muara yang ditangkap oleh warga.

"Terimakasih atas informasinya, kita akan kerahkan tim kelokasi buaya itu," ujar Kasubbag TU BKSDA Jambi Teguh saat dikonfirmasi detikcom.


Tonton juga video: 'Buaya 3 Meter Ditangkap di Kebun Sawit'

[Gambas:Video 20detik]


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed