BNPB: Info Gempa Susulan 7,5 SR di Lombok Malam Ini Hoax!

Mei Amelia R - detikNews
Minggu, 12 Agu 2018 17:54 WIB
Foto: Ilustrasi hoax
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyesalkan banyaknya informasi hoax seputar gempa Lombok yang tersebar di media sosial. Salah satunya adalah info soal gempa susulan berkekuatan 7,5 SR yang akan terjadi nanti malam.

"Itu semua hoax. Tidak benar," tegas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (12/8/2018).

Info menyesatkan yang disebut Sutopo, menyebutkan bahwa pukul 22.30 WITA hingga 23.59 WITA malam nanti diprakirakan kekuatan gempa susulan 7,5 SR dan diharapkan tidak berada di dalam rumah.


Ada juga hoax yang disebarkan di sosial media dengan mencantumkan foto dan nama Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB yang berisi bahwa "adanya ramalan orang Belanda yang memperingatkan akan ada gempa besar. Planet ini sangat sibuk dengan peristiwa alam gempa dan gunung meletus. Akan terjadi gempabumi dangkal yang besar akan terjadi di Indonesia."

"Ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia saat ini belum bisa memprediksi gempa secara pasti: di mana, kapan, berapa besar gempanya," lanjutnya.


Sutopo mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing akan isu yang tersebar yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat, khususnya warga Lombok diminta tetap tenang dan terus waspada.

"Jika masyarakat menerima informasi hal itu dalam bentuk apapun akan terjadi gempa dengan menyebutkan waktu, magnitude, lokasi. Itu tidak benar. Abaikan dan jangan ikut-ikutan menyebarkan," tuturnya.


Hingga saat ini gempa susulan masih sering terjadi. Tercatat sudah ada 576 gempa susulan hingga 12 Agustus 2018 pukul 15.00 WITA, sejak gempa 7 SR mengguncang wilayah NTB dan sekitarnya.

"Intensitas gempa susulan kecil. Diperkirakan gempa susulan ini masih akan terjadi hingga 4 minggu ke depan," tandas Sutopo. (mei/nvl)