2 Kades Ini Ngaku Korupsi Ratusan Juta Rupiah untuk Kampanye

Zulkipli Natsir - detikNews
Selasa, 07 Agu 2018 14:47 WIB
Bone - 2 Kepala Desa di Bone Sulawesi Selatan dijadikan tersangka atas kasus korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) senilai setengah miliar rupiah lebih. Keduanya diancam hukuman 20 tahun penjara.

2 Kepala Desa yakni, Syamsuddin Yasa sebagai Kades terpilih bersama Pejabat Kades sementara di Desa Pattiroriolo, Kecamatan Sibulue ini terbukti bekerjasama dalam penyelewengan dana desa ini.

Dari hasil audit BPK, petugas menemukan kerugian negara sebesar Rp 548 juta dari Rp 1 miliar tahun anggaran 2016. Dari kedua tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa sisa uang ADD senilai Rp 55 juta.

"Saya akui bersalah. Uang ADD sebanyak Rp 300 juta saya gunakan untuk kampanye saat Pilkades lalu," ungkap Syamsuddin Yesa saat jumpa pers Mapolres Bone, Selasa (7/8/2018).

Uang itu diakui digunakan untuk pendanaan pada tahapan suksesi kampanye hingga akhirnya kembali terpilih dalam pertarungan Pilkades tersebut. Kapolres Bone AKBP Kadar Islam Kasim menyatakan 2 Kades tersebut juga telah resmi menjadi tahanan Kepolisian dan kasusnya kini dalam status penyidikan lebih lanjut.

"Dari hasil pemeriksaan memang banyak ditemukan data fiktif. Kami juga telah resmi menetapkan kedua tersangka sebagai tahanan Kepolisian. Kami telah memeriksa 30 orang saksi dan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam proses penyidikan ini," terang Kadar Islam.

Kedua tersangka dijerat dengan UU Tipikor dan Permendagri 113 tentang Penyelewengan Penggunaan Dana Desa dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Selain itu, Kadar Islam pun melanjutkan, jika untuk saat ini menyusul 3 orang Kepala Desa lainnya kini ikut menjalani pemeriksaan atas dugaan korupsi ADD. (asp/asp)