DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 09:23 WIB

Jokowi Perintahkan Wiranto Koordinasi Tangani Gempa 7 SR di Lombok

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Perintahkan Wiranto Koordinasi Tangani Gempa 7 SR di Lombok Foto: Andhika Prasetia/detikcom
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugasi Menko Polhukam Wiranto berkoordinasi dengan jajaran terkait untuk melakukan penanganan pascagempa 7,0 SR di NTB. Jokowi ingin proses penanggulangan bencana tersebut berjalan dengan baik.

"Tadi malam saya perintahkan pada Menko Polhukam untuk mengkoordinasi seluruh jajaran terkait baik BNPB, Polri, Kemsos, lainnya agar penanganan masa gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya dengan baik," ujar Jokowi di sela peninjauan atlet untuk Asian Games di TMII, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Penanganan untuk logistik pascagempa juga menjadi salah satu prioritas. "Berupa evakuasi korban meninggal dunia atau luka-luka meski sudah ditangani, termasuk logistik," kata Jokowi.

Gempa berkekuatan 7,0 SR di NTB terjadi pada Minggu (5/8) malam dan dirasakan hingga Bali. Berdasarkan data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat gempa di NTB mencapai 82 orang.

"Hingga Senin dini hari pukul 02.30 WIB, tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa. Ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin (6/8) subuh.

Dari 82 korban tewas, 65 orang berasal dari Lombok Utara. Sedangkan korban jiwa di Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang.


Tonton juga video: 'Momen Jemaah Salat Masjid Agung Bangli Bubar Saat Gempa'

[Gambas:Video 20detik]



Jokowi Perintahkan Wiranto Koordinasi Tangani Gempa 7 SR di Lombok

(dkp/jor)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed