detikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 19:14 WIB

Gili Lawa Kebakaran, Ini Pihak-pihak yang Diselidiki

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gili Lawa Kebakaran, Ini Pihak-pihak yang Diselidiki Gili Lawa Kebakaran (Foto: dok Taman Nasional Komodo)
Jakarta - Penyebab kebakaran di Gili Lawa Taman Nasional Komodo, NTT masih diselidiki. Lebih dari delapan orang yang diperiksa terkait kebakaran tersebut.

"Jadi tadi pagi untuk penyelidikan lebih lanjut Polres Mabar dan PPNS. Tapi yang pasti tadi ada guide, kemudian pengunjung yang diduga rombongan terakhir dan itu Indonesia semua, sama pemilik kapal. Mungkin lebih dari 8 orang, sekitar 10 atau 11 orang," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan ketika dihubungi, Kamis (2/8/2018).


Budhy menambahkan Gili Lawa merupakan kawasan savana yang tidak berpenghuni. Kejadian kebakaran ini merupakan kali pertama.

"Belum pernah kebakaran. Kebetulan wilayah Taman Nasional Komodo, salah satunya ini Gili Lawa, kebanyakan tipe 100 persen savana sehingga musim kemarau rawan kebakaran. Sehingga diperlukan kesadaran semua pihak untuk tidak beraktivitas yang dapat menimbulkan api," pesannya.


Dihubungi terpisah, Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Julisa Kusumawardono mengatakan pihaknya tengah mendalami pemeriksaan para saksi. "Ya, kita mintai keterangan untuk mengetahui penyebab terbakarnya, dan masih kita dalami," terang Julisa.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran Gili Lawa itu terjadi pada Rabu (1/8) malam. Api melahap habis bagian puncaknya dan padang savana. Api berhasil dipadamkan pada Kamis (2/8) pukul 03.00 Wita dini hari tadi.
(ams/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com