detikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 18:45 WIB

Gili Lawa Taman Nasional Komodo Kebakaran, Pemadaman Dibantu Warga

Audrey Santoso - detikNews
Gili Lawa Taman Nasional Komodo Kebakaran, Pemadaman Dibantu Warga Foto: dok Taman Nasional Komodo
Jakarta - Padang rumput di Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Tenggara Timur (NTT), kemarin sore terbakar. Pemadaman api dibantu warga.

"Benar, kebakaran sekitar pukul 17.00 Wita (Rabu, 1 Agustus 2018). Api padam sekitar pukul 03.00 Wita tadi pagi," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules A Abast ketika dimintai konfirmasi, Kamis (2/8/2018).


Jules mengatakan, berdasarkan laporan awal yang diterimanya, kebakaran semula diketahui warga yang sedang berlayar. Warga melihat kebakaran berada di atas bukit TNK.

"Informasi awal, jadi saat itu ada warga yang sedang tracking kapal. Mereka melihat ada kebakaran di atas bukit. Di atas bukit itu ada padang rumput. Mereka adalah pemandu wisata," jelas Jules.


Setelah melihat kebakaran, warga lalu berusaha memadamkan api. Setelah api tak kunjung padam, warga melapor ke petugas TNK.

"Informasinya, warga mencoba memadamkan. Lalu setelah itu turun ke kapal lagi. Setelah itu, mereka melaporkan kejadian ke ranger TNK, warga bersama ranger ke lokasi untuk memadamkan bersama dan api berhasil padam jam tiga tadi," terang Jules.

Jules menerangkan penyelidikan penyebab kebakaran dilakukan oleh penyidik PNS dari TNK. "Penyebabnya diselidiki PPNS," tambah Jules.
(aud/ams)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com