Polri Perkuat Fungsi Satgas Nusantara untuk Amankan Pilpres 2019

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 16:56 WIB
Foto: Ilustrasi polisi. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Polri siap mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018. Salah satu upayanya dengan menguatkan peran dan fungsi Satgas Nusantara.

"Kita lakukan penguatan, Satgas Nusantara tetap diberlakukan, bahwa dikuatkan. Sehingga apa yang dikhawatirkan di pemilihan presiden, wakil presiden dan pemilihan legislatif itu bisa kita atasi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, di Hotel Cosmo Amarossa, Jalan Pangeran Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).


Penguatan itu dengan membentuk 4 subsatgas di bawah Satgas Nusantara yang membidangi kemitraan, manajemen media, manajemen sosial, dan penegakan hukum (gakkum).

"Subsatgas kemitraan, contohnya merekatkan silaturahmi dengan para ulama, tokoh agama. Para tokoh dirangkul untuk menyampaikan pesan-pesan positif, toleransi. Ini yang diberdayakan Binmas," kata Iqbal.

Sementara itu, subsatgas Manajemen Sosial di bawah polisi intel dan Subsatgas Penegakan Hukum di bawah Bareskrim. "(Contoh kerja Subsatgas Gakkum) Itu kalau ada misalnya hoax, ditangkap pelakunya. Itu hanya lima persen dari upaya pengamanan," ucap Iqbal.


Selain memaksimalkan peran satgas, Polri juga mempersiapkan Operasi Mantap Praja yaitu untuk memastikan kesiapan pengamanan di seluruh wilayah.

"Operasi Mantap Praja kita sudah siap, apalagi menghadapi pendaftaran capres, cawapres tanggal 4 sampai 10, kita sudah lakukan mekanisme strategi pengamanan di berbagai lokasi. Pemilihan presiden, pemilihan legislatif, kita jamin aman, kondusif bersama masyarakat," tutur Iqbal.



Tonton juga 'Jokowi akan Bahas Pembentukan Timses Bareng Sekjen Parpol':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/idh)