Selnya di Sukamiskin Disidak, Jero Wacik: Kamar Saya Nggak Mewah

Selnya di Sukamiskin Disidak, Jero Wacik: Kamar Saya Nggak Mewah

Niken Purnamasari - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 21:31 WIB
Foto: Hasan Alhabshy/detikcom
Foto: Hasan Alhabshy/detikcom
Jakarta - Sel mantan Menteri ESDM Jero Wacik di Lapas Sukamiskin termasuk salah satu yang disidak tim Ditjen PAS Kemenkum HAM. Dia menyebut isi selnya biasa saja dan tidak ada yang mewah.

Saat disidak, Jero mengenakan udeng (penutup kepala) dan sarung adat. Jero menunjukkan isi selnya kepada Dirjen PAS dan tim 'Mata Najwa', yang ikut dalam sidak. Ada obat-obatan hingga sejumlah peralatan untuk melakukan sembahyang.



"Sejak awal di sini, Pak? Sudah dua tahun, ya?" tanya presenter Mata Najwa, Najwa Shihab, dalam program yang ditayangkan Trans7, Rabu (25/7/2018).

"Iya, sejak masuk. Sudah dua tahun. Ini kamar saya. Saya sembahyang di sini. Kamar saya segini saja, nggak mewah kok ini. 2x3 meter," kata Jero.




Jero dihukum pidana penjara selama 4 tahun di pengadilan tingkat pertama. Hukuman itu sempat dibanding, tetapi putusannya tetap hingga akhirnya diajukan kasasi. Mahkamah Agung kemudian memperberat hukuman Jero menjadi 8 tahun penjara.

Jero dinilai terbukti telah menggunakan dana operasional menteri untuk kepentingan pribadi dan keluarga, antara lain untuk pembelian tiket perjalanan keluarga, biaya main golf, hingga biaya untuk pijat dan refleksi. Selain itu, Jero dinilai menerima gratifikasi. (nkn/tor)