DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 16:15 WIB

Di Pantai Kuta, Hamish Serahkan Obor Asian Games ke Puan Maharani

Moch Prima Fauzi - detikNews
Di Pantai Kuta, Hamish Serahkan Obor Asian Games ke Puan Maharani Foto: Detikcom
Jakarta - Torch Relay atau obor Asian Games 2018 tiba di Kuta, Bali, sore ini. Obor tersebut disambut oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Puan mengatakan kedatangan api obor Asian Games di Kuta, Bali ini merupakan yang ke sepuluh dari rangkaian Torch Relay yang melewati 44 kota dan 18 provinsi. Ia berharap dengan melewati Pulau Dewata maka akan mendongkrak pariwisata mancanegara.

"Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata, saya harapkan akan menjadi tempat kunjungan pariwisata bagi semua kontingen dan ofisial yang akan datang. Diperkirakan ada 16 ribu orang akan datang ke Palembang yang ke Jakarta," ujar Puan di Kuta, Bali (23/7/2018).



Sementara itu Gubernur Bali I Made Mangku Pastika yang ikut dalam rombongan mengungkapkan, pihaknya merasa terhormat dengan kedatangan api obor Asian Games 2018 ini. Ia berharap para atlet nasional dapat memberikan gelar juara.

"Kepada Ibu Menko dan rombongan saya ucapkan selamat datang. Mudah-mudahan kedatangan ibu dan rombonagan memberikan motivasi kepada bidang olahraga. Muda-mudahan Indonesia bisa berkumandang terus di pertandingan-pertandingan. Kita semua berbangga apabila nanti para atlet kita bersuara di Asian Games 2018," kata Pastika.

Dalam gelaran tersebut, Obor dibawa oleh atlet voli Ni Kadek Galuh Pertiwi sebagai torch bearer 19 (pembawa obor).

Kemudian obor diserahkan kepada Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Pantai Kuta, Bali. Puan diiringi oleh Menkop UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dan undangan VIP lainnya. Mereka berlari sekira 200 meter sambil membawa obor yang kemudian diberikan kepada aktor Hamish Daud sebagai Torch Bearer 20.



Lalu Hamish membawa obor ke bibir pantai dan berselancar sekitar 10 menit. Setelah itu obor kembalikan ke Puan menuju cauldron. Puan juga menyerahkan obor Asian Games 2018 kepada Gubernur Bali I Made Mangku Pastika untuk dinyalakan di mini cauldron.

Penyambutan dan penyerahan obor di Kuta, Bali dimeriahkan oleh tarian selamat datang sekar jepun, tari kecak, seni bela diri, pertunjukan barongsai dan lomba layang-layang.

Torch Relay diakhiri dengan menyalakan tinder dari api mini cauldron. Tinder api kemudian diserahkan kepada Hamish Daud sebagai torch bearer. Setelah mampir di Kuta, torch relay selanjutnya dibawa ke Tanah Lot.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed