ACT Akan Sebar 43.000 Hewan Kurban di Indonesia dan 46 Negara

ACT Akan Sebar 43.000 Hewan Kurban di Indonesia dan 46 Negara

Rizki Ati Hulwa - detikNews
Kamis, 19 Jul 2018 17:12 WIB
Foto: Dok. ACT
Foto: Dok. ACT
Jakarta - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus ingin menjalin silaturahmi dan saling berbagi antar umat manusia se-dunia. Hal ini bisa terlihat dari program Global Qurban dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk meluaskan manfaat qurban hingga ke 46 negara di dunia, dengan menargetkan sekitar 43 ribu hewan qurban yang akan disebar sampai mancanegara.

"Tahun lalu sekitar 21.500 ekor hewan qurban, tahun ini peningkatan kita diatas 100% Insya Allah," ujar Presiden Global Qurban-ACT Rini Maryani, Kamis (19/7/2018).

Hal ini disampaikan Rini pada acara peluncuran program Global Qurban yang bertemakan 'Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmatinya' di Cordoba Hall, Menara 165, Jakarta Selatan.


Pada kesempatan tersebut, Rini juga mengatakan bahwa hewan qurban tersebut secara komposisi akan mengutamakan Indonesia sebelum nantinya akan didistribusikan ke berbagai negara lainnya. Namun prinsip program ini adalah saat mendekati hari H (Idul Adha) Global Qurban akan melihat situasi wilayah yang paling membutuhkan dan akan memprioritaskan bagi daerah yang lebih banyak yang membutuhkannya.

Lanjutnya, program ini mencerminkan semangat untuk merekatkan kebersamaan masyarakat Indonesia melalui momen ibadah qurban. Kebersamaan tersebut menurutnya bukan semata-mata untuk Indonesia saja, namun juga untuk dunia. Menurutnya, hewan kurban yang didistribusikan ACT tersebut merupakan kambing ataupun domba.

Sebagai informasi, tahun sebelumnya pedistribusian qurban dari Global Qurban sudah menyapa 250 kabupaten kota di Indonesia serta 40 negara pra-sejahtera maupun yang terpapar krisis kemanusiaan. Tahun ini, wilayah jangkauan meningkat menjadi 265 kabupaten kota Indonesia dan 46 negara dengan tambahan Afganistan, Senegal, Guinea, Tunisia, Mesir, dan Maldives.

(idr/idr)