detikNews
Selasa 17 Juli 2018, 15:01 WIB

Penumpang Bilang 'Bom', Batik Air Kupang-Jakarta Sempat Delay

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Penumpang Bilang Bom, Batik Air Kupang-Jakarta Sempat Delay Ilustrasi pesawat Batik Air. Foto: Batik Air
Jakarta - Penerbangan pesawat Batik Air ID6541 rute Kupang-Jakarta sempat tertunda karena penumpang yang bicara soal bom. Penumpang tersebut langsung diturunkan dari pesawat.

"Ada salah satu penumpang laki-laki berinisial ES (62) yang sesuai boarding pass duduk di kursi 6A, menyebutkan kata 'bom' pada barang bawaan ketika berada di dalam kabin, saat pesawat masih di darat," kata Corporate Communication Batik Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Selasa (17/7/2018).



Pesawat itu sedianya berangkat dari Kupang, NTT pada pukul 08.01 WITa tadi pagi. Namun pesawat beru diberangkatkan pukul 09.44 WITa dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 11.15 WIB.

Batik Air pun melakukan pemeriksaan ulang terhadap seluruh penumpang dan barang bawaannya sesuai dengan prosedur. Namun tak ditemukan adanya benda mencurigakan dari proses pengecekan ulang tersebut.



"Sesuai prosedur penanganan seorang penumpang, Batik Air menurunkan (offload) ES berikut bagasi dan barang bawaannya. Selanjutnya ES diserahkan kepada avsec dan pihak berwenang untuk dilakukan proses lebih lanjut," kata Danang.

Batik Air mengimbau kepada seluruh penumpag untuk tidak bercanda soal bom. Mengacu pada Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, semua informasi tentang bom baik sungguhan atau bohong akan diproses dan disanksi tegas oleh pihak berwajib.
(bag/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com