DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 10:06 WIB

Begini Penjelasan soal Itsbat Nikah yang Diajukan Nikita Mirzani

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Begini Penjelasan soal Itsbat Nikah yang Diajukan Nikita Mirzani NIkita Mirzani (Noel/detikcom)
Jakarta - Artis Nikita Mirzani hendak bercerai dari Dipo Latief. Namun dia mengajukan itsbat nikah terlebih dulu. Mengapa Nikita memerlukan itsbat nikah sebelum menggugat cerai?

"Itsbat artinya penetapan. Itsbat nikah artinya penetapan adanya pernikahan oleh pengadilan agama," ujar Direktur Urusan Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Juraidi, saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (17/7/2018).


Curahatan Nikita Mirzani Soal Kesetiaan, tonton videonya di sini:
[Gambas:Video 20detik]


Ketika sepasang suami-istri menikah tanpa catatan dari Kantor Urusan Agama (KUA), pernikahannya tidak diakui negara. Ini merujuk pada UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

"Untuk diakui negara, perlu diisbatkan melalui pengadilan agama," imbuh Juraidi.



Namun aturan ini tak berlaku bagi yang menikah sebelum UU No 1/1974 ditetapkan. Proses itsbat nikah dilakukan oleh hakim pengadilan agama.

Hakim pengadilan agama nantinya akan memeriksa keabsahan pernikahan. Pemeriksaan dilakukan terhadap wali nikah hingga saksi-saksi.

"Pernikahan yang belum dapat diakui secara administrasi negara, maka perceraiannya pun tidak bisa diproses melalui pengadilan agama, kecuali sudah ada itsbat nikahnya," pungkas Juraidi.
(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed