DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 17:23 WIB

PAN: Bahasan Kursi Menteri Bisa Jadi Solusi Kebuntuan Koalisi

Tsarina Maharani - detikNews
PAN: Bahasan Kursi Menteri Bisa Jadi Solusi Kebuntuan Koalisi Ketua DPP PAN Yandri Susanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Partai oposisi hingga kini belum punya kejelasan soal format koalisi di Pilpres 2019. Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan pembahasan posisi menteri jadi salah satu solusi mengakhiri kebuntuan pembentukan koalisi.

"Selain capres-cawapres, perlu juga membicarakan bagaimana untuk hadapi tantangan yang begitu berat. Siapa saja orang-orang di samping capres-cawapres. Posisi menteri-menteri itu," kata Yandri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).


Pembahasan bagi-bagi jatah menteri, dinilai Yandri, bisa menjadi jawaban bagi partai yang tidak kebagian posisi capres atau cawapres di Pilpres 2019. Sebab, pada akhirnya hanya ada 2 orang yang bisa mengisi posisi itu.

"Bisa jadi salah satu solusi. Take and give itu penting dalam diskusi yang hari-hari ini yang tentu dari sisi waktu sangat mepet. Kalau masing-masing partai ego dan bertahan dengan posisi masing-masing, pada akhirnya tidak cukup satu calon. Yang rugi bangsa ini," sebut Yandri.


Dia menambahkan pembahasan ini juga jadi penting untuk membangun koalisi yang kokoh. Ke depan, Yandri menyatakan akan segera menjaring nama-nama untuk mengisi pos-pos menteri.

"Yang dibicarakan di format koalisi bukan capres dan cawpares saja, tapi bagaimana cara kerja, visi-misi, target. Dari situ tergambar kebutuhan orangnya. Jadi kita ingin inventarisir putra-putri terbaik bangsa yang ingin menyusun tim kuat," tuturnya.
(tsa/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed