DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 15:54 WIB

Wawancara Khusus Jokowi

Jokowi Usahakan Kim Jong Un Hadiri Pembukaan Asian Games

Sudrajat - detikNews
Jokowi Usahakan Kim Jong Un Hadiri Pembukaan Asian Games Berjaket Asian Games 2018. Presiden Jokowi meninjau persiapan Asian Games di Gelora Bung Karno, 25 Juni lalu. (Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Jakarta -

Presiden Joko Widodo masih mengupayakan agar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Korea Selatan Moon Jae-in hadir dalam acara pembukaan pesta olahraga Asian Games pada 18 Agustus 2018. Kehadiran kedua pemimpin negara yang berseteru itu diyakini dapat memberikan bobot tersendiri.

"Kita masih berusaha, tapi jawaban pastinya masih menunggu. Kita berharap olahraga itu juga ajang diplomasi, persahabatan, persaudaraan kita," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan detikcom di Istana Merdeka, Rabu (11/7/2018).

Saat ditanya apakah Presiden RI ke-5, Megawati, yang punya kedekatan khusus dengan Korea Utara, diberi mandat untuk membujuk Kim Jong Un, Jokowi menggeleng. "Saya menugaskan Ibu Menlu (Retno LP Marsudi)," ujarnya.

Megawati pernah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Marsekal Kim Jong Il (ayah Kim Jong Un) di Wisma Negara Paekhwawon, Pyongyang, pada 29 Maret 2003. Kim Jong Un, yang menggantikan Kim Jong Il sejak 17 Desember 2011, sangat jarang melawat ke luar negeri. Sejauh ini dia cuma pernah ke Beijing, China, pada 28 Maret 2018 dan bertemu dengan Donald Trump di Singapura pada 12 Juni 2018.

Terkait Asian Games, Presiden Jokowi menargetkan Indonesia masuk 10 besar negara di Asia yang berprestasi di bidang olahraga. "Saya minta masuk 10 besar, syukur-syukur bisa delapan besar. Sepakbola ya masuk 16 besar, syukur bisa ke final," kata Jokowi.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, posisi Indonesia berada di urutan ke-17 dalam daftar perolehan medali. Waktu itu Indonesia mendapat empat medali emas, lima perak, dan 11 perunggu.


(jat/jat)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed