Soal Pemindahan Ibu Kota, Gubernur Kalteng: Intinya Kami Siap

Moch Prima Fauzi - detikNews
Kamis, 12 Jul 2018 13:36 WIB
Foto: Hasan Alhabshy
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Wacana pemindahan ibu kota Jakarta ke kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus bergulir. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengaku telah siap jika pemindahan ibu kota negara berada di wilayahnya.

"Sekarang itu kita intinya siap Provinsi Kalteng itu untuk menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh presiden pertama Sukarno pada 1957," kata Sugianto di Tangerang, Banten, Kamis (12/7/2018).



Ia yang ditemui usai menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan mengatakan akan mempersiapkan lahan seluas 300 hingga 500 ribu hektare untuk dijadikan ibu kota. Lokasinya sendiri disebutnya sebagai segitiga emas yaitu antara di kawasan Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas.

Selain mempersiapkan infrastruktur, ia pun mengatakan bahwa pihaknya juga sedang menyiapkan grand design pembangunan di Kalteng agar tak terjadi tumpang tindih antara lahan dan infrastruktur.

"Intinya kita siapkan petanya juga saya serahkan ke Pak Presiden kalau memang Kalteng betul-betul menjadi pusat pemerintah ini. Kami bersiap dari sekarang bukan dari infrastruktur, tapi juga pangannya," kata Sugianto.



Meski begitu, ia berharap dengan adanya pemindahan ibu kota yang dibarengi oleh masuknya pengusaha-pengusaha ke Kalteng tidak menyebabkan ketimpangan.

"inilah tugas pemerintah dan saya juga sebagai gubernur. Ada pengusaha ratusan pengusaha kebun sawit di Kalteng semestinya kedatangan mereka ini tidak memberikan ketimpangan tapi justru mendatangkan kemaslahatan untuk masyarakat pedalaman," ujarnya. (mul/mpr)