DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 19:55 WIB

Nama Cawapres Mengerucut 5, Ngabalin: Perhatikan Gestur Jokowi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Nama Cawapres Mengerucut 5, Ngabalin: Perhatikan Gestur Jokowi Foto: Dok. Ali Mochtar Ngabalin
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan nama calon cawapres 2019 yang akan mendampinginya sudah mengerucut ke lima nama. Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin memberikan sedikit bocoran soal sosok yang bakal dipilih Jokowi.

"Semua orang mesti bersabar sejenak karena memikirkan cawapres itu tentu presiden mesti orang harus nyaman, kemudian memiliki chemistry yang sama, paling tidak beliau pernah kerja sama di dalam pemerintahan, dalam kontak komunikasi," kata Ngabalin kepada detikcom, Rabu (11/7/2018).

Politikus Golkar itu juga meminta semua pihak bersabar soal sosok cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Dia kemudian menyebut Jokowi sebenarnya sudah memberikan gimik-gimik yang mengarah ke tokoh yang bakal dipilih untuk mendampinginya nyapres.

"Tadi bersama-sama dengan presiden jam 4 pembukaan Kongres V Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh. Sebenarnya teman-teman ini bisa melihat gestur-gestur yang beliau tampakkan, dan sejumlah pilihan kata, pertemuan-pertemuan terakhir akan memberikan banyak kawan sahabat," urainya.

Ngabalin menyebut Jokowi sebagai figur orang Jawa yang berhati-hati dengan tutur kata dan gestur yang digunakan. Dia pun menyebut Jokowi bisa mengumumkan figur pendampingnya kapan saja.

"Butuh waktu sejenak karena ini beliau ini orang Jawa, Solo lagi, jadi kultur, itu ada gestur, pilihan-pilihan kata, memang butuh waktu, cuaca waktu yang tepat. Situasi di mana mood-nya karena kan orang mengumumkan cawapres, bagi Presiden Joko Widodo tak ada masalah setiap saat bisa mengumumkan kepada publik Indonesia dan tak harus menunggu siapa, soal waktu saja," papar Ngabalin.


Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengungkapkan nama calon wakil presiden (cawapres) 2019 yang akan mendampinginya masih dalam tahap penggodokan. Meski belum mau menyebut nama, Jokowi menyebut bakal cawapresnya sudah mengerucut ke lima nama dan bisa berasal dari berbagai kalangan.

"Sepuluh mengerucut ke lima," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat.
(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed