DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 19:08 WIB

Airlangga Pastikan Golkar Tak akan Tinggalkan Jokowi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Airlangga Pastikan Golkar Tak akan Tinggalkan Jokowi Airlangga (kiri) dan Jokowi. (Krishadiyanto - Biro Pers Setpres)
Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memastikan partainya tetap setia mendukung Presiden Joko Widodo untuk Pilpres 2019. Dia membantah Golkar akan menarik diri dari kubu Jokowi bila tak mendapat jatah cawapres.

"Komitmen Partai Golkar adalah di awal. Jadi kita bicara mengenai dukungan itu di awal, jadi sebelum itu kita tentunya sudah menunjukkan kerja-kerja pada Bapak Presiden. Nah di awal itu kita tidak bicara bagi-baginya," kata Airlangga di Pesantren Al Fachriyah, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

"Jadi tentunya kita sesuai dengan komitmen awal, kita sudah putuskan dalam tatanan organisasi baik melalui rapimnas maupun munas sehingga tentu kita menyerahkan sepenuhnya pada presiden," tambah Menteri Perindustrian itu.


Golkar juga tetap mendukung Jokowi meski kadernya tak dipilih sebagai cawapres dalam Pilpres 2019. Pembahasan soal cawapres Jokowi itu, kata Airlangga, juga sudah dilakukan.

"Jadi pembicaraan terkait itu ada, tapi mengenai personnya (cawapres) siapa kami serahkan ke Pak Presiden," ujarnya.

Namun Airlangga tak memberi bocoran siapa calon yang disiapkan untuk mendampingi Jokowi. Dia menyebut nama-nama itu ada di kantong Jokowi.


"Namanya di kantong Pak Presiden, kita nggak bisa lihat," kata Airlangga.

Sebelumnya, Golkar diisukan akan menarik dukungan dari Jokowi. Petinggi PAN Yandri Susanto menyebut PAN dan Golkar punya peluang membentuk koalisi. Ini lantaran jumlah kursi PAN dan Golkar cukup untuk mengusung pasangan capres-cawapres sesuai dengan ambang batas capres atau presidential threshold berdasarkan amanat UU Pemilu.

"Ya tadi (dikatakan, ada) kemungkinan Golkar menarik diri dari Pak Jokowi ya. PAN-Golkar kan juga cukup (untuk berkoalisi)," tutur Yandri setelah menghadiri diskusi bertajuk 'Menakar Arah Koalisi Parpol pada Pemilu 2019 Pasca Pilkada Serentak 2018' di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (10/7).
(abw/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed