DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 18:24 WIB

Tarif Kosan Ini Rp 38 Juta/Tahun, Diisi Full Mahasiswa Bandung

Wisma Putra - detikNews
Tarif Kosan Ini Rp 38 Juta/Tahun, Diisi Full Mahasiswa Bandung Kos elite di Bandung (wisma/detikcom)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Bandung - Bangunan minimalis bercat putih krem itu seperti perumahan elite biasa. Tapi siapa sangka, bangunan itu ternyata kos-kosan mewah yang dihuni oleh ratusan mahasiswa yang berkuliah di sejumlah perguruan tinggi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Pantauan detikcom, Senin (9/7/2018) kos-kosan yang dibangun menyerupai cluster perumahan elite itu berada di kawasan Awani Studento, Jalan Raya Jatinangor, Sumedang.


Teknisi Awani Studento, Lili Kurnia, mengatakan, dari 277 kamar kos yang ada, 90 persen di antaranya dihuni oleh mahasiswa Unpad, sisanya mahasiswa ITB dan Ikopin.

"Ini bukan perumahan, tapi kos-kosan khusus untuk mahasiswa," kata Lili saat ditemui detikcom di Awani Studento, Senin (9/7/2018).

Sama halnya dengan perumahan elite, kamar kos yang ada di Awani Studento memiliki tipe bermacam-macam.

"Tipenya ada yang standar A-D, front room, deluxe, special room, superior singel, superior twin," ujarnya.

Lili mengungkapkan, yang membedakan tipe kamar kos itu adalah ukuran dan tata letaknya. Tipe standar-front room ukurannya 3x4 meter, dilengkapi kamar mandi di dalam. Deluxe-special room ukurannya 4x4 meter dan superior singel-superior twin ukurannya 4x6 meter.

"Fasilitasnya sama. Yang membedakan tata letak dan luas kamar, fasilitas full furniture, TV kabel, AC, water heater, free laundry 20 kg per bulan dan cuci bed cover," ucap Lili.


Setiap kamar kos memiliki harga yang bervariasi dan tergolong cukup mahal.

"Harganya dari Rp 19-38 juta. Ada yang Rp 19 juta, Rp 24 juta, Rp 25 juta, Rp 27 juta, Rp 33 juta, dan paling mahal Rp 38 juta," tuturnya.

detikcom berkesempatan masuk ke salah satu kamar. Furnitur dan hiasan yang ada di kamar tersebut seperti kamar hotel. Di dalamnya sudah ada spring bed, lemari besar, TV, AC. Kamar mandinya sudah dilengkapi WC duduk, water heater, shower, dan kaca yang lebar. Selain itu, lokasi parkir mobil dan motor pun luas.

Meski harga sewa kamar kos di Awani Studento bisa dikatakan sangat mahal, Lili menambahkan, dari jumlah 277 kamar yang ada, kini sudah full disewa oleh mahasiswa.

"Saat ini sudah full. Meski sudah full, masih banyak calon mahasiswa yang akan berkuliah di Unpad mencari kamar kos ke sini," kata Lili.

Menurutnya, kosan elite seperti Awani Studento di kawasan Jatinangor jumlahnya banyak. Meski demikian, kosan ini paling dicari. Pasalnya, lokasi antara kampus dan kosan dekat.

"Lokasinya dekat, dekat dengan kita dan dekat dengan pusat perbelanjaan," ujarnya.


Selain itu, kosan ini banyak dicari oleh para mahasiswa karena keamanannya terjamin. "Keamanan sekuriti 24 jam, akses ke gedung ada CCTV, masuk ke gedung pakai fingerprint. Alhamdulillah, dari 2011 sampai saat ini aman," ucap Lili.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed