DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 09:55 WIB

Kos Mahasiswa di Malang: Dari Rp 500 Ribu hingga Rp 2,5 Juta/Bulan

M Aminudin - detikNews
Kos Mahasiswa di Malang: Dari Rp 500 Ribu hingga Rp 2,5 Juta/Bulan Balai Kota Malang (aminudin/detikcom)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Malang - Untuk masalah tempat tinggal bagi mahasiswa di Kota Malang, Jawa Timur, jangan bingung. Bisnis kos-kosan sewa kamar sampai rumah kontrakan menjamur di Kota Malang, karena menyandang kota pendidikan.


Tinggal pilih, kamar kos dari mulai harga Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta per bulan juga ada tergantung selera dan kebutuhan. Kamar kos bisa didapatkan dengan mudah di wilayah sekitaran kampusmu atau melalui daring (online).

Kecamatan Lowokwaru menjadi daerah tertinggi, lantaran perguruan tinggi negeri banyak berdiri di daerah tersebut. Sebut saja Universitas Brawijaya, Politeknik Malang, UIN Maliki, Universitas Muhammadiyah Malang, sisanya berada di Kecamatan Sukun, serta Klojen.

Bila diperkecilkan lagi, maka wilayah Kelurahan Dinoyo dan Ketawangede adalah daerah terpadat dengan mayoritas warganya membuka kamar kos. Kamar kos dengan fasilitas VIP, banyak berdiri di wilayah Soekarno Hatta, Jalan Bunga-bunga, Bendungan Sutami, Sigura-gura, Dieng, Tidar, atau tak jauh dari lokasi kampus itu sendiri.

Ruangan dan fasilitas tentunya menyesuaikan dengan harga. Kamar kos dengan fasilitas kamar mandi dalam, AC, kasur empuk (spring bad), meja belajar, lemari, parkir dan keamanan 24 jam harganya di atas Rp 1 juta lebih. Bahkan, ada juga dengan harga dua kali lipat, dengan menyediakan fasilitas tambahan, seperti laundry bagi penghuninya.

Di bawah itu, tetap saja menyesuaikan besaran harga dan jarak dari kampus. Untuk sebulan dengan harga minimal Rp 650 ribu, akan mendapatkan fasilitas dengan ukuran kamar tidur di atas 3x3, kamar mandi luar, meja belajar, TV dapur bersama, listrik, ruang tamu, parkir, jemuran, khusus wifi para penghuni menambah biaya sendiri termasuk ketika membawa barang elektronik di dalam kamar.

"Satu kamar dengan penghuni satu orang, satu tahunnya sebesar Rp 7,5 juta. Kalau dua orang Rp 10 juta. Banyak fasilitasnya, tapi kamar mandi luar. Di sini mayoritas memberlakukan sewa minimal satu tahun," kata pemilik kos, Zarroh (40) kepada detikcom, Senin (9/7/2018).

Zarroh memiliki sembilan kamar yang berada di Jalan Sigura-gura, Lowokwaru, Kota Malang. Semua kamar saat ini penuh, sehingga dia tak membuka sewa untuk mahasiswa baru.

"Penuh semua, kalau mau kamar mandi dalam ada, satu bulannya Rp 1,250 juta untuk satu orang," bebernya.

Banyak rumah kos saat ini mempromosikan izin sewa, tidak sulit untuk menemui keberadaannya. Mereka memasang banner kecil lengkap dengan nomor telpon siap dihubungi.

Bila ingin tinggal di apartemen, dengan harga relatif mahal minimal Rp 2,5 juta per bulan. Anda bisa menemukannya dengan mencari arah utara dari kampus Universitas Brawijaya.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed