detikNews
Jumat 06 Juli 2018, 20:30 WIB

Uang Korupsi Kapal Cepat Rp 2,5 M Dikembalikan ke Negara

Eva Safitri - detikNews
Uang Korupsi Kapal Cepat Rp 2,5 M Dikembalikan ke Negara Pengembalian uang korupsi kapal cepat ke negara (Foto: dok. Kejari Jakut)
Jakarta - Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) memulihkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 2,5 miliar. Pemulihan tersebut sebagai uang pengganti dari kasus korupsi kapal cepat di Kepulauan Seribu.

"Hari ini, Jumat (6/7), kami telah berhasil melakukan pengamanan pemulihan kerugian keuangan negara sebesar Rp 2.545.289.620 dalam perkara tipikor pengadaan kapal cepat pada Kabupaten Kepulauan Seribu yang dianggarkan tahun 2016," ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jakut Ricky Tommy Hasiholan dalam keterangan tertulisnya.

Uang tersebut, jelas Tommy, diserahkan dari penasihat hukum salah satu tersangka. Lalu dititipkan ke rekening penampungan Kejari Jakut.



"Uang pengganti kerugian keuangan negara tersebut diserahkan oleh penasihat hukum tersangka JW untuk kemudian dititipkan di rekening penampungan Kejari Jakut," ucapnya

Dari kasus ini, terdapat tiga pegawai Kabupaten Kepulauan Seribu yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini ketiganya sudah berada di Rutan Cipinang.

"Tim Penyidik Pidsus Kejari Jakarta Utara telah menetapkan tiga orang tersangka, yaitu H dan JW masing-masing selaku pelaksana kegiatan dan N selaku pejabat pembuat komitmen, yang saat ini seluruhnya ditahan di Rutan Cipinang," kata Tommy.

Diberitakan sebelumnya, kasus pengadaan ini meliputi satu unit kapal bupati dan tiga unit kapal penumpang senilai Rp 13 miliar. Dari hasil penyidikan, menurut Tommy , ditemukan adanya markup (penggelembungan) anggaran.

"Dalam penyidikan ditemukan adanya penaikan harga serta adanya beberapa komponen kapal yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,5 miliar," ujar Tommy, Senin (9/4/2018).

Ia menjelaskan jumlah kerugian tersebut ditemukan berdasarkan penghitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.
(rvk/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com