7.143 CCTV Pantau Jakarta, Sandi: Tawuran di Johar Baru Menurun

Indra Komara - detikNews
Selasa, 03 Jul 2018 22:14 WIB
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan ada 7.143 CCTV yang dipasang di seluruh Jakarta. Sandi pun menyebut angka tindak kriminal maupun insiden tawuran menurun.

"CCTV tersebut sudah terintegrasi di portal Jakarta Smart City. Sebagai contoh, jumlah kejadian tawuran yang terjadi di wilayah Johar Baru sudah berkurang sejak dipasangnya sejumlah kamera CCTV, karena ada face recognition dan begitu pak lurahnya lihat mukanya ini, anaknya di mana, bisa gampang dikejarnya untuk mencegah tindakan," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).


Sandi mengatakan ribuan CCTV itu terintegrasi dengan kamera milik pihak berwajib, sehingga CCTV yang dimiliki Pemprov bisa membantu memantau angka kejahatan di Jakarta.

"Jadi data-data yang memiliki ini sudah memberikan dampak positif bagi Pemprov maupun aparat keamanan. Banyak sekali kegunaannya," terang Sandi.

Sementara itu, terkait tindak kejahatan penjambretan yang menewaskan seorang wanita di Cempaka Putih, Sandi mengimbau agar warga berhati-hati. Dia mengingatkan agar warga tidak menggunakan barang mewah di ruang publik.


"Penjambretan, saya mengimbau kepada masyarakat, ini sedih sekali membaca ada yang kejambretan HP-nya dan jatuh dari flyover dan meninggal dunia. Saya mengimbau kepada masyarakat agar hati-hati, waspada, perhatikan menggunakan barang-barang, jangan pakai barang-barang yang mencolok. Kalau bepergian itu betul-betul tingkatkan kewaspadaan kita. Aksesori jangan pakai yang berlebihan yang mengundang terjadinya kejahatan di ruang publik," terangnya. (idn/dkp)