Polisi Kerahkan 1.600 Personel di Uji Coba Lalin Asian Games

ADVERTISEMENT

Polisi Kerahkan 1.600 Personel di Uji Coba Lalin Asian Games

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 28 Jun 2018 20:21 WIB
Ilustrasi (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya akan menyiagakan 1.600 personel untuk uji coba kebijakan manajemen lalu lintas menjelang Asian Games 2018. Ribuan personel tersebut akan dibagi dalam beberapa tim.

"Sebanyak 1.600 personel dari Polda Metro Jaya. Kita akan buat Satgas Pengawalan, Satgas Penjagaan dan Pengaturan, Satgas Rekayasa Lalu Lintas, dan Satgas Emergency," kata Dirkamsel Korlantas Polri Chryshnanda Dwilaksana saat jumpa pers di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).



Tak hanya Polda Metro Jaya yang mengerahkan personel untuk mengamankan uji coba manajemen lalu lintas ini. Dinas Perhubungan DKI juga turut menyiagakan anggotanya.

"Personel nanti secara rinci dijelaskan. Yang pasti kita siagakan 1.339 personel. Itu terdiri atas tim pengawalan, floating, derek, dan penindakan," ujar Kadishub DKI Andri Yansyah di lokasi yang sama.



Pemerintah, dalam hal ini Kemenhub, Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek, dan Pemprov DKI, memutuskan menguji coba tiga kebijakan menjelang Asian Games 2018. Pertama, pemberlakuan ganjil-genap di sejumlah jalan arteri di Jakarta, buka-tutup sejumlah pintu tol, serta lajur khusus atlet di jalan tol.

Tiga kebijakan tersebut mulai diuji coba pada 2 Juli hingga 31 Juli 2018. Jika berhasil, kebijakan tersebut mulai diimplementasikan pada 1 Agustus 2018. (zak/rvk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT