Wayan Koster Menang, PDIP: Kekuatan PD di Bali Kami Ambil Alih

Zunita Amalia Putri - detikNews
Kamis, 28 Jun 2018 19:24 WIB
Jumpa pers DPP PDI Perjuangan, Kamis (28/6/2018). (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - PDI Perjuangan bisa merebut kursi Gubernur/Wagub Bali. Dari hasil hitung cepat (quick count) KPU Bali, pasangan I Wayan Koster dan Oka Artha Ardhana Sukawati menang dengan persentase suara 57,62%.

"Bali itu kekuasaan Demokrat, gubernurnya bisa kita ambil alih sehingga kami mencetak sejarah di mana Bali gubernurnya dari PDIP, I Wayan Koster," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam jumpa pers di kantor DPP, Jl Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Lawan Wayan Koster-Oka Artha Ardhana, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta, memperoleh suara 42,38% atau 891.178 suara.


Simak juga video 'PDIP Nilai Pilkada Aman, Sebut Ada Elite yang Gemar Rusak Suasana':

[Gambas:Video 20detik]


Hasto menjelaskan, dari 152 pemilihan bupati/wali kota, PDIP berhasil memenangi pilkada di 91 kabupaten/kota. Kemenangan itu, ditegaskan Hasto, menjadi penting, apalagi calon yang diusung mengikuti sekolah partai yang digelar PDIP.

"Dalam sistem otonomi daerah, posisi wali kota dan bupati sangatlah strategis, karena mereka yang memegang wilayah, sementara gubernur sifatnya koordinatif," katanya.

Wayan Koster Menang, PDIP: Kekuatan PD di Bali Kami Ambil Alih
(fdn/tor)