DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 20:54 WIB

Ketua Gerindra Lampung Akui Terima Rp 1,5 M dari Bupati Mustafa

Faiq Hidayat - detikNews
Ketua Gerindra Lampung Akui Terima Rp 1,5 M dari Bupati Mustafa Sidang bupati Lampung Tengah nonaktif Mustafa (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Ketua DPD Gerindra Lampung, Gunadi Ibrahim mengaku menerima uang Rp 1,5 miliar dari Bupati Lampung Tengah nonaktif Mustafa. Uang itu merupakan pinjaman dana terhadap dirinya.

"Ya, saya yakini bahwa pemberian uang itu adalah pemberian bantuan kepada saya," ucap Gunadi Ibrahim saat bersaksi sidang terdakwa Mustafa di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Senin (25/6/2018).


Meski begitu, Gunadi menyebutkan uang itu sudah dikembalikan kepada KPK. Penerimaan uang itu juga tidak terkait perkara suap Rp 9,6 miliar kepada anggota DPRD Lampung Tengah agar menyetujui rencana pinjaman daerah Rp 300 miliar kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Gunadi sendiri mengaku tidak ingat waktu dan tempat penyerahan uang itu.

"Apakah uang Rp 1,5 miliar berkaitan dengan perkara terdakwa Mustafa dalam rencana peminjaman ke PT SMI?" tanya hakim ketua Ni Made Sudani.

"Saya rasa tidak berkaitan," jawab Gunadi.

Hakim pun merasa heran terhadap Gunadi yang mengembalikan uang itu ke KPK. Menurut hakim, jika tidak berkaitan kasus suap maka Gunadi tak perlu menyerahkan uang itu ke KPK.

"Jadi tidak perlu berpolitik, jawaban di sini, kalau memang ada kaitannya, ya dalam kondisi itu diserahkan, begitu. Tapi diserahkan dalam wacana peminjaman PT SMI tersebut, bagaimana jawabannya?" ucap hakim.

"Ya menurut itu bantuan kepada saya," jawab Gunadi.


Dalam dakwaan Mustafa, Zainuddin selaku Ketua F-Gerindra DPRD Lampung Tengah melalui Andri Kadarisman disebut memberi uang sebesar Rp 1,5 miliar yang diperuntukkan kepada Ketua Gerindra Provinsi Lampung Gunadi Ibrahim. Mustafa sendiri didakwa memberikan suap Rp 9,6 miliar kepada anggota DPRD. Uang suap itu agar anggota DPRD Lampung Tengah menyetujui rencana pinjaman daerah Rp 300 miliar kepada PT Sarana Multi Infrastruktur.
(fai/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed