DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 08:45 WIB

PKB: Usai Deklarasi Jokowi-Cak Imin, Elektabilitas Meningkat

Mochamad Zhacky - detikNews
PKB: Usai Deklarasi Jokowi-Cak Imin, Elektabilitas Meningkat Wasekjen PKB Daniel Johan. Foto: dok. pribadi
FOKUS BERITA: Debat Rommy Vs Cak Imin
Jakarta - Wasekjen PKB Daniel Johan menyebut Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) memutarbalikkan pernyataan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengenai dukungan PKB kepada Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Daniel menegaskan PKB tetap mengusung Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

"Kan sudah jelas ke Join (Jokowi-Cak Imin). Nggak paham, yang pasti berita kemarin buat Cak Imin jadi ilfil (hilang feeling) karena Rommy banyak pelintirannya," kata Daniel kepada detikcom, Rabu (20/6/2018).

Rommy sebelumnya mengulang kembali pernyataan Cak Imin tentang dukungan PKB untuk Jokowi. Kata Rommy, Cak Imin menyebut suara PKB bisa turun jika mendukung Jokowi.



Daniel sendiri punya pendapat berbeda. Dia meyakni setelah Join dideklarasikan suara PKB akan meningkat.

"Yang pasti setelah deklarasi Join, elektabilitas Jokowi, Cak Imin dan PKB, ketiganya terus konsisten naik," ujar Daniel.

Daniel juga menegaskan sampai saat ini PKB belum berpikir untuk memunculkan pasangan Gatot Nurmantyo-Cak Imin. PKB, sebut dia, masih fokus mendorong Join.

"Saat ini semua fokus Join, belum memikirkan alternatif," terang Daniel.



Rommy mengklaim sempat menanyakan peluang Gatot-Cak Imin untuk Pilpres 2019. Nama Gatot disinggung Rommy terkait peluang menjadi capres Cak Imin.

"Kemudian saya tanya dia, kalau memang tidak ke Jokowi, emangnya ada peluang Gatot-Imin? Dia bilang belum jelas. Saya tanya sudah jumpa belum. Dijawab lagi belum. Terus saya tutup 'ya sudah kalau emang nanti ada arah ke sana saya dikabari'. Kabar itu penting untuk memastikan rembukan final koalisi Jokowi berisikan partai mana sehingga kita bisa mulai rundingan soal cawapres dan lain-lainnya," papar Rommy kepada detikcom.



Tonton juga pernyataan 'Gatot: Cak Imin Lebih Berpeluang jadi Cawapres Jokowi'

[Gambas:Video 20detik]


(zak/nkn)
FOKUS BERITA: Debat Rommy Vs Cak Imin
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed