DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 13:18 WIB

H+3 Lebaran, Kemenhub: Lonjakan Arus Balik Belum Terlihat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
H+3 Lebaran, Kemenhub: Lonjakan Arus Balik Belum Terlihat Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahyu Utomo video conference untuk memantau arus balik di darat, laut, dan udara (Foto: Marlinda Octavia Erwanti/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahyu Utomo mengatakan hingga H+3 Lebaran ini belum terjadi lonjakan arus balik yang signifikan. Hal itu, berdasarkan hasil pantauan 16 lokasi di darat, laut, dan udara.

"16 lokasi baik itu darat, laut, udara dan dilaporkan sampai dengan siang ini itu belum terjadi lonjakan arus balik yang berarti," kata Wahyu di Posko Mudik Nasional Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018).


Wahyu mengatakan diperkirakan, puncak arus balik terjadi mulai Selasa (19/6) besok. Kendati demikian, kata Wahyu, Kemenhub telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik.

"Diperkirakan tanggal 19, 20 (Juni 2018). Kira-kira itu untuk arus baliknya," ujarnya.


Kesiapan untuk pelayanan penumpang, baik transportasi darat, udara, dan laut sudah dilakukan. Selain itu, posko-posko kesehatan juga telah tersedia dengan baik untuk menghadapi puncak arus balik.

"Koordinasi dengan aparat keamanan juga sudah tersedia dengan baik, kita hanya mengimbau untuk tetap waspada, tidak lalai karena menjaga segala kemungkinan," kata Wahyu.


Wahyu berharap, sesuai imbauan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pemudik untuk menghindari perjalanan balik ke Jakarta pada Selasa-Rabu (19-20/6) besok. Hal ini untuk mencegah penumpukan arus balik.

"Supaya nanti terurai. Ya mulai hari ini ada yang pulang, besok ada yang pulang. Sehingga betul-betul terurai. Jadi nggak terlalu padat pada saat tanggal-tanggal tertentu," pungkasnya.
(jbr/jbr)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed