detikNews
Minggu 17 Juni 2018, 16:39 WIB

PKS: Politik Tak Sesederhana Poros Mekah vs Beijing

Haris Fadhil - detikNews
PKS: Politik Tak Sesederhana Poros Mekah vs Beijing Mardani Ali Sera (Foto: dok. PKS)
Jakarta - Sekjen Sekretariat Bersama Indonesia, M Idrus bertemu Habib Rizieq Syihab di Tanah Suci dan membahas poros Mekah versus poros Beijing. PKS menilai politik di Indonesia tidak sesederhana dua poros itu.

"Politik tidak sesederhana poros Mekah dan poros Beijing. Selalu ada varian yang rumit," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Minggu (17/6/2018).



Mardani menyebut ada negara-negara lain yang menilai posisi Indonesia penting. Termasuk Amerika Serikat pasti juga ingin menanam saham.

"Karena memang semua negara selalu mempertimbangkan geopolitik di negara-negara besar," ucapnya.



Bagi Mardani, penyebutan 2 kota itu sebagai poros hanya penyederhanaan demi pemasaran. "Tapi kadang untuk menyederhanakan dan ikut bahasa marketing perlu ada penyebutan yang sederhana," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen Sekretariat Bersama Indonesia Muhamad Idrus mengatakan telah membahas isu Poros Mekah versus Poros Beijing dengan Rizieq di Mekah, pada Sabtu (16/6). Sekber Indonesia akan berkoordinasi dengan ulama di bawah komando Persaudaraan Alumni 212 demi terwujudnya 2 poros dalam Pilpres 2019 nanti, yakni poros Mekah melawan poros Beijing.

"Obrolan dengan Habib Rizieq dengan Sekber ke depan pilpres 2019 hanya ada 2 poros yang bertarung dimana Poros Keumatan tetap konsisten mengusung agenda umat di mana tidak akan mengkriminalisasi Agama, memenjarakan ulama serta mencurigai rakyat layaknya PKI yang dipresentasikan dengan Poros Mekkah melawan Poros Beijing," ujar Idrus kepada detikcom, Sabtu (16/6) malam.
(haf/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com